PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id

05 November 2012 - 15:32:00 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : marihot | views : 2029

MUBES IV SPBUN PTPN XIII

BANDUNG – Musyawarah Besar ke-IV Serikat Pekerja Perkebunan (SPBUN) PT.Perkebunan Nusantara  XIII berlangsung dari tanggal 29 Oktober s/d 2 November 2012 di Bandung. Mubes IV yang dilaksanakan di Garden Permata Hotel, Bandung dihadiri oleh Direktur Utama, Direktur SDM & Umum, Ketua Umum SPBUN, GM DKB-1, GM DKB-2, GM DKST, GM DKST, Pengurus Tingkat Perusahaan, Pengurus Tingkat Unit Kerja serta mantan Ketua Umum SPBUN PTPN XIII, Pahala Manurung.

Acara pembukaan MUBES yang dihadiri seratus lima puluh lima orang yang terdiri dari tiga puluh lima orang pengurus Tingkat Perusahaan dan seratus dua puluh dua orang pengurus Tingkat Kebun/Unit, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Peserta menyanyikan dengan khikmat dan  lantang hingga memenuhi ruang tempat MUBES dilaksanakan, dan dipimpin oleh Nurilda Eva Nova dan kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Prawoto Arsyad.

Ketua Panitia Pelaksana MUBES IV, Darwin Tarigan, mengatakan bahwa untuk terlaksananya  MUBES IV SPBUN PTPN XIII ini telah dibentuk Panitia Pengarah dan Panitia Pelaksana MUBES melalui  Surat Keputusan SPBUN PTPN XIII Tingkat Perusahaan Nomor SPBUN/KPTS/04/IX/2012. “panitia bertugas untuk mengarahkan terselenggaranya MUBES IV dan mempersiapkan segala keperluan; akomodasi, materi, sarana dan prasarana. Lebih jauh, Darwin Tarigan yang juga Sekretaris Umum SPBUN Tingkat Perusahaan ini menjelaskan bawah MUBES IV terdiri atas tiga Rapat Paripurna,yaitu; Rapat Paripurna I menetapkan, 1). Pembahasan Jadwal Acara, 2). Pembahasan Tata Tertib, dan 3). Pembentukan Presidium serta Pembentukan Komisi A,B,C. Sedangkan Rapat Paripurna II, yaitu; 1). Pengesahan Ketua Umum, 2). Pengesahan AD/ART, dan 3). Pengesahan Program Kerja Organisasi. Sedangkan pada Rapat Paripurna III, yaitu; 1). Penetapan dan pengesahan pengurus SPBUN Tingkat Perusahaan Masa Bakti 2012-2017, dan 2).  Penyerahan dari Pimpinan Presidium kepada Ketua Umum terpilih. Kemudian dilanjutkan dengan; sambutan Ketua Umum terpilih, sambutan Direksi, Penyerahan SK Pengurus SPBUN, demikian Darwin Tarigan.

Sutek P Mulih, Ketua Umum Periode 2007 – 2012, mengatakan MUBES ini merupakan amanah Anggaran Dasar dan Rumah Tangga SPBUN PTPN XIII Tingkat Perusahaan dan agenda  penting dan strategis bagi SPBUN maupun Perusahaan. “apa yang menjadi keputusan dalam  MUBES IV ini nantinya  akan membawa dampak yang sangat penting dan strategis, oleh karena itu diminta kepada segenap peserta MUBES untuk menjaga kekompakan dan keharmonisan. Menghindari isu-isu  provokatif yang merugikan yang bisa memecah belah. Mari kita bagun masa depan perusahaan, masa depan karyawan  yang lebih baik sehingaa apa yang menjadi harapan tema MUBES IV yaitu PERUSAHAAN SEHAT KARYAWAN SEJAHTERA dapat terwujud,”.

Lebih lanjut, Sutek P. Mulih mengajak seluruh pengurus SPBUN baik yang ditingkat Perusahaan maupun ditingkat Kebun/Unit dapat menjadi pengurus yang baik, menjadi pelayan bagi anggota, “pengurus yang baik harus bisa mengurus organisasi dan anggotanya bukan menjadi orang yang diurus”. Tak lupa, Sutek P. Mulih juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pengurus SPBUN Periode 2007-2012, serta kepada Panitia yang telah bekerja keras sehingga MUBES ke IV ini dapat terlaksana dengan baik.

MUBES IV yang dibuka secara resmi oleh Direktur SDM & Umum, Anang Chairul K. Pada kesempatan ini, Anang Chairul menyampaikan rasa bangga dan apresiasi yang tinggi kepada SPBUN yang telah berhasil menjadi mitra managemen dalam menjalankan hak dan kewajibannya “selama lima tahun ini terjalin komunikasi yang harmonis antara Manajemen dengan SPBUN, hal ini telah membawa dampak yang sangat baik dalam perkembangan perusahaan, semangat ini perlu dijaga dan diapresiasi untuk mengawal cita-cita perusahaan yang lebih besar, selamat melaksanakan MUBES IV”.



Berita : Terkait