PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company

06 November 2013 - 17:28:19 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : marihot | views : 1139

IIKK PTPN XIII : SISA UANG BELANJA UNTUK INVESTASI

Pontianak -Pada pertemuan rutin bulanan Ikatan Isteri Karyawan dan Karyawati (IIKK) PTPN XIII pada hari ini, Rabu (6/11), bertempat di rumah dinas Direktur SDM & Umum, selain mendengarkan pengarahan dari Ketua IIKK, pengurus IIKK juga mengundang  Bapak Taufan Febiola, Head of Capital Market Information Centre PT. Bursa Efek Indonesia Cabang Pontianak.

Pertemuan rutin bulanan ini selain dihadiri Pengurus dan Anggota IIKK Unit Kantor Direksi  juga dihadiri Ny. Dwi Retno Utari Baim Rachman (Ketua IIKK PTPN XIII), Ny. Christa Pandapotan Girsang (Ketua II), Ny. Yubaidah Umar Affandi (Wakil Ketua III), Ny Ida Yunawarwati Anang Chairul (Wakil Ketua IV).

Dalam sambutan, Ny. Christa Pandapotan Girsang,  mengatakan bahwa Ibu-ibu sebagai pengelola keuangan keluarga harus bijak dan pandai dalam mengelola keuangan keluarga sehingga tidak merugikan diri sendiri dikemudian hari. Sisa uang belanja bulanan yang dikumpulkan dapat menjadi investasi ibu-ibu.

 “pemahaman selama ini bahwa berinvestasi itu hanya bisa dilakukan oleh orang kaya saja adalah tidak tepat. Orang yang berpenghasilan rendah pun dapat melakukan investasi asal bijak mengelola keuangannya. Bahkan seorang ibu rumah tanggapun dapat melakukan investasi dari sisa uang belanja bulanan yang dikumpulkan. Oleh karena itu,  pengurus IIKK sengaja mendatangkan ahlinya dari  PT. Bursa Efek Indonesia (BEI) Cabang Pontianak untuk  memberikan pengertian bagaimana caranya berinvestasi saham di Bursa Efek”, ujar Ny. Christa Pardapotan Girsang.

Taufan Febiola, Head of Capital Market Information Centre,  PT Bursa Efek Indonesia Cabang Pontianak, mengatakan bahwa berinvestasi itu penting. Namun demikian, sebagai calon investor, perlu kehati-hatian untuk melakukan investasi sehingga tidak menjadi korban . Sekarang ini, banyak perusahaan bodong yang mengiming-imingi profit tinggi untuk menarik calon investor. Oleh karena itu sebelum melakukan investasi ada baiknya terlebih dahulu melakukan investigasi terhadap perusahaan tersebut agar tidak menjadi korban investasi bodong.  Ada tiga manfaat melakukjan investasi, yaitu ; proteksi terhadap gejolak inflasi (melindungi kekayaan/aset), peningkatan nilai kekayaan/aset dimasa yang akan datang dan mengantisipasi ketidakpastian pendapatan dimasa yang akan datang.

Selain itu, Taufan, juga memberikan pemahaman tentang pengertian pasar modal, manfaat berinvestasi saham di pasar modal, karakteristik pasar modal, manfaat keberadaan pasar modal, instrumen pasal modal, saham  dan peran bursa efek. Serta ciri-ciri perusahaan bodong yang menawarkan investasi saham.



Berita : Terkait