PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
Smoke
Perkebunan kelapa sawit

01 February 2017 - 08:10:23 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 672

Industri Sawit Nasional Tahun 2017 Diprediksi Cerah

Berita Utama | 01 February 2017 | Administrator
img

INFO SAWIT, JAKARTA - Industri sawit nasional diprediksi masih tetap menjadi andalan sebagai mesin devisa dan motor penggerak perekonomian nasional. Prospek industri minyak sawit di tahun 2017 diperkirakan masih cukup cerah karena terus digalakkannya mandatori BBN di dalam negeri dan negeri jiran, Malaysia juga sudah mulai meningkatkan mandatori BBN.

Jika mandatori BBN di Indonesia dan Malaysia berjalan dengan konsisten maka penggunaan minyak sawit di dalam negeri kedua negara penghasil minyak sawit ini akan tinggi dan pasokan kepada pasar global akan berkurang apalagi jika produksi sawit tidak meningkat dengan signifikan. Hal ini tentu saja akan mendongkrak harga sawit di pasar global.

Merujuk laporan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), fokus utama pengembangan industri kelapa sawit nasional perlu diprioritaskan beberapa isu seperti, pertama, promosi minyak sawit Indonesia di pasar India, Pakistan dan negara-negara Timur Tengah.

Kedua, penanganan isu-isu negatif seperti, isu super tax Perancis ada kemungkinan akan digulirkan kembali di waktu mendatang, isu 3-MCPD (kandungan karsinogenik pada minyak nabati) sudah muncul di Italia dan diperkirakan akan semakin marak meskipun belum ada pembuktian secara scientific yang kuat.

Isu sawit dituding sebagai penyebab utama deforestasi masih akan tetap ada terutama di Uni Eropa. Isu persepsi negatif terhadap minyak sawit sebagai minyak nabati less healthier dan low quality di beberapa negara masih terus dibicarakan hampir di semua negara-negara pengimpor. “Jika tidak segera diatasi maka daya saing minyak sawit akan semakin lemah dibandingkan dengan minyak nabati lainnya terutama minyak bunga matahari,” tutur Direktur Eksekutif GAPKI, Fadhil Hasan, dalam rilis resmi yang diterima Info SAWIT belum lama ini.

Ketiga, penanganan isu-isu domestik seperti , penanganan lahan gambut dan pecegahan kebakaran lahan. Sosialisasi kepada stakeholders tentang strategis dan pentingnya industri sawit. (T2)



Berita : Terkait