PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
Smoke
TBS

21 February 2017 - 08:06:12 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 230

5 Provinsi Produsen Terbesar Sawit Nasional

Berita Lintas | 21 February 2017 | Administrator
img

INFO SAWIT, JAKARTA - Berdasarkan data Ditjen Perkebunan, Kementerian Pertanian RI tahun 20016, keberhasilan pembangunan perkebunan kelapa sawit nasional, berasal dari berhasilnya pembangunan perkebunan kelapa sawit yang dilakukan di berbagai provinsi. Begitu pula dengan hasil produksi yang dihasilkan, sejalan dengan perkebunan kelapa sawit yang berhasil dikembangkan.

Tahun 2015 lalu, luas perkebunan kelapa sawit nasional sebesar 11,3 juta hektar, direpresentasikan melalui keberadaan perkebunan kelapa sawit pada 5 Provinsi di Indonesia. Keberadaan Pulau Sumatera sebagai wilayah terbesar perkebunan dan produksi CPO nasional, turut menyumbangkan keberadaan Provinsi Riau, Sumatera Utara dan Sumatera Selatan sebagai bagiannya.

Selanjutnya, Pulau Kalimantan juga turut berkontribusi melalui Provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat. Kelebihan yang dimiliki Kalimantan, sejatinya mampu lebih mengembangkan keberadaan perkebunan kelapa sawit didaerahnya. Lantaran luas lahan yang dimiliki masih memiliki potensi besar untuk dikembangkan dibandingkan Pulau Sumatera.

Kelima provinsi yang disebutkan diatas, memiliki kontribusi sebesar 64% dari luas lahan perkebunan kelapa sawit yang berada di Indonesia. Keberadaan perkebunan kelapa sawit ini, mampu berkontribusi sebesar 71% terhadap produksi CPO nasional.

Pertama, Provinsi Riau, memiliki keunikan besar sebagai perkebunan kelapa sawit terbesar yang dimiliki oleh rakyat. Keberadaannya, seluas 1,44 juta hektar perkebunan kelapa sawit dimiliki oleh Perkebunan Rakyat (PR). Kontribusi yang mampu diberikan terhadap produksi CPO tahun 2015 sebesar 3,85 juta ton. Kondisi ini, merupakan prestasi yang mumpuni dan membanggakan, lantaran rakyat mampu berdaulat terhadap kepemilikan lahan di daerahnya sendiri.

Provinsi Riau juga memiliki Perkebunan Besar Swasta (PBS) seluas 931.662 hektar, dengan produksi CPO mencapai 3,59 juta ton. Keberadaan PBS di Provinsi Riau, secara nyata turut mendukung kokohnya keberadaan perkebunan kelapa sawit yang sebagian besar dimiliki masyarakat Riau. Dengan memiliki perkebunan kelapa sawit seluas 2,46 juta hektar, Provinsi Riau mampu menyuplai produksi CPO nasional sebesar 7,27 juta ton.

Kedua, Provinsi Sumatera Utara, yang memiliki cikal bakal perkebunan kelapa sawit sejak jaman penjajahan Belanda. Keberadaan Perkebunan Besar Swasta (PBS) mampu memperkuat perkebunan kelapa sawit seluas 721.771 hektar, dengan produksi CPO sebesar 5,31 juta ton. (T1)



Berita : Terkait