PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
Smoke
cpo

01 Maret 2017 - 08:02:11 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 465

Bank Mandiri Area Balikpapan Fokus Pembiayaan Sawit

Berita Utama | 01 March 2017  | Administrator
img

INFO SAWIT, BALIKPAPAN - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Area Balikpapan melalui Commercial Banking Center Balikpapan, mencatat perkebunan sawit sebagai industri yang mampu bertahan di tengah kondisi ekonomi Kaltim yang lesu sepanjang 2016 lalu.

Terbukti perkebunan kelapa sawit yang harga jual CPO-nya mulai kembali naik. "Memang ada penurunan, tapi tak terlalu signifikan dan tak besar. Dan jika dibanding dengan 2015, tahun kemarin memang tumbuh negatif, dan menurun 10 persen," ungkap VP Commercial Banking Center Balikpapan, Muhammad Machmuddin, seperti ditulis Tribunkaltim.co.

Secara umum, perseroan mengganggap tahun 2016 sebagai tahun perbaikan kualitas kredit. Namun pihaknya tetap fokus menjaga pertumbuhan. Tercatat portofolio area kerjanya yang meliputi Balikpapan, Samarinda, dan juga Kaltara ini masih didominasi oleh transportasi air angkutan batubara sebesar 40 persen, disusul kontraktor batubara sebesar 15 persen, kemudian perkebunan kelapa sawit sebesar 10 persen "Sisanya adalah perdagangan kebutuhan pokok," ujarnya.

Perseroan pun akan kembali fokus di sektor perkebunan sawit yang harus tumbuh sebesar 20 persen. Bahkan sektor ini ditargetkan, mampu mendominasi portofolio bisnis secara keseluruhan sebesar 50 persen. (T2)



Berita : Terkait