PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
Smoke
Ilustrasi

09 Maret 2017 - 09:37:59 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 47

Serapan Minim, Kapasitas Produksi Biodiesel Terus Bertambah

Redaksi Mar 9, 2017

SAWIT INDONESIA, Kapasitas terpasang industri biodiesel nasional tahun ini mencapai 11 juta ton. Tetapi, penyerapan domestik diperkirakan tidak sampai 30%. Pasar ekspor juga belum menjanjikan. Apa dampaknya kepada produsen?

“Benar kapasitas terpasang tahun ini sebesar 11 juta ton. Namun, produsen bakalan beroperasi di bawah kapasitas mereka,” ujar Dadan Kusdiana, Sekretaris Direktorat Jendral Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM.

Penambahan kapasitas maupun investasi baru lantaran kebijakan subsidi biodiesel melalui dana pungutan BPDP-KS. Dadan mengatakan investor tertarik karena ada mekanisme subsidi dan penentuan alokasi biodiesel yang pro rata. “Dengan skema ini maka mereka (pelaku usaha) pasti akan dapat,” tutur Dadan kepada Majalah SAWIT INDONESIA.

Gurihnya bisnis biodiesel sangatlah beralasan lantaran dana subsidi mencapai Rp 11,7 Triliun pada 2016. Dana sebesar ini digunakan untuk membayar subsidi biodiesel yang dicampur dengan solar sebanyak 2,7 juta kiloliter terdiri dari 2,49 juta kl untuk bauran solar bersubsidi dan 246.870 kl untuk solar nonsubsidi. Namun, angka sebesar ini melampaui target pemerintah 2,5 juta kiloliter.

Serapan biodiesel bersubsidi sebesar 2,7 juta Kl ini baru 24% dari totak kapasitas terpasang. Namun,pemain lama biodiesel berencana tambah kapasitasnya. Tahun ini, Sinarmas Agro dipastikan bertambah kapasitas biodieselnya sebesar 300 ribu ton pada kuartal kedua. Perusahaan baru saja menyelesaikan pembangunan pabriknya yang berlokasi di Marunda, Jakarta.

“Tiga sampai empat bulan lagi pabrik di Marunda baru beroperasi. Masih proses uji dari pihak kontraktor,” kata Agus Purnomo, ‎Managing Director for Sustainability and Strategic Stakeholder Engagement at Golden Agri-Resources Ltd, induk PT SMART Tbk, pada akhir Januari 2017.

Togar Sitanggang, Sekjen Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi) mengakui kapasitas terpasang biodiesel akan bertambah untuk tahun ini. Pada 2016, kapasitas baru 9 juta ton yang diperkirakan naik menjadi 11 juta ton. Penambahan kapasitas ditopang adanya empat pabrik biodiesel baru pada 2017.


https://sawitindonesia.com/rubrikasi-majalah/kinerja/serapan-minim-kapasitas-produksi-biodiesel-terus-bertambah/