PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
Smoke
TBS

17 Maret 2017 - 10:24:31 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 247

Potensi Sawit di Kaltara Mesti Dimaksimalkan

Berita Lintas | 17 March 2017  | Administrator
img

INFO SAWIT, TANJUNG SELOR - Wakil Gubernur (Wagub) Kaltara H Udin Hianggio mengatakan, kelapa sawit merupakan tanaman perkebunan yang paling diminati untuk dikelola atau ditanam, baik dari badan udaha milik negara (BUMN), swasta maupun petani (perkebunan rakyat), karena kelapa sawit masih menjadi andalan sumber minyak nabati di dunia.

Demikian disampaikan Wagub saat membuka pelatihan produktivitas bagi petani kelapa sawit yang diselenggarakan oleh DPW Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) Kaltara kerja sama Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit.

"Permintaan terhadap produk kelapa sawit sangat besar. Produktivitas yang tinggi adalah impian yang sangat diinginkan oleh para pengusaha kelapa sawit, karena hal tersebut dapat meningkatkan keuntungan bagi mereka," kata Udin saat membuka pelatihan di Hotel Grand Pangeran Khar, belum lama ini dikutip prokal.co.

Jumlah luasan perkebunan kelapa sawit di Kaltara, lanjut Wagub, mencapai 170.589 hektare menurut data pada 2014 lalu. Sedangkan salah satu daerah yang memiliki potensi yang sangat besar dalam mendukung perkembangan perkebunan sawit adalah Bulungan. "Di Bulungan, luas perkebunan kelapa sawit 59.823 hektare, dengan jumlah produksi kelapa sawit yang mencapai 178.957 ton," sebutnya.

Untuk itu, Wagub berpesan potensi perkebunan kelapa sawit yang ada di Bulungan ini agar dikembangkan dengan baik dan maksimal disertai dengan peningkatan kompetensi petaninya. "Dengan harapan mampu meningkatkan produktivitas yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat Kaltara khususnya para petani kelapa sawit," ujarnya.

Ditambahkan, perlu melakukan suatu upaya untuk dapat mewujudkan hal tersebut, salah satunya yakni melalui pelatihan produktivitas petani kelapa sawit saat ini. "Melalui pelatihan kepala sawit ini, akan ada peningkatan pengetahuan serta kemampuan para petani kelapa sawit di Kaltara, yang secara tidak langsung akan dapat meningkatkan produktivitas yang berujung pada kesejahteraan masyarakat," harap Udin. (T2)


http://www.infosawit.com/news/6154/potensi-sawit-di-kaltara-mesti-dimaksimalkan



Berita : Terkait