PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
Smoke
TBS

03 April 2017 - 07:16:19 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 483

Mantap, Lada dan Kelapa Sawit Masih Primadona

Berita Utama | 03 April 2017 | Administrator
img

Info SAWIT, TANJUNG REDEB – Potensi hasil perkebunan di Kabupaten Berau sangat menjanjikan. Utamanya, untuk komoditas kelapa sawit dan lada, berikutnya karet, kelapa dalam, dan kakao. Namun, kelapa sawit dan lada masih menjadi primadona bagi masyarakat karena harga jualnya yang cukup tinggi.

Tercatat, luas perkebunan lada di Bumi Batiwakkal mencapai 2.260 hektare dengan produksi 244.044 ton. Sedangkan luas perkebunan kelapa sawit mencapai 115.723,52 hektare, terdiri dari 31.327,24 hektare lahan swadaya dan plasma. Selanjutnya, 84.396,28 hektare lahan milik perusahaan.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Berau Fitrial Noor menyebutkan, prospek perkebunan lada dan kelapa sawit di Berau memang masih sangat bagus dan menjanjikan. “Walaupun saat ini harga lada cenderung menurun dan kelapa sawit sempat stagnan, namun karena kedua komoditas ini merupakan kebutuhan pasar, tentu prospeknya masih sangat bagus ke depan,” kata Fitrial, belum lama ini dikutip prokal.co.

Dari sisi pemasaran, menurutnya, tidak ada permasalahan serius. Terlebih, dengan adanya tren penguatan harga pada kuartal I tahun ini. Berbeda dengan tahun lalu ketika produksi CPO sempat anjlok akibat fenomena el-nino yang mengganggu produksi. “Saya yakin permintaan pasar masih tetap bagus,” imbuhnya. (T2)

http://www.infosawit.com/news/6233/mantap--lada-dan-kelapa-sawit-masih-primadona