PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
Smoke
Kebun Karet

04 April 2017 - 08:55:02 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 103

Karet Anjlok, Gapkindo Sumsel: Ini Permainan Broker

3 April 2017

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG,---Gabungan Perusahaan Karet Indonesia (Gapkindo) Sumsel menyatakan, harga komoditas karet dunia terus merosot hingga mencapai 1,80 dollar AS bila dibandingkan dengan bulan Februari lalu yang berada diangka 2,25 dollar AS.

"Harga jual karet di pasar dunia sekarang 1,8 dolar per kilogramnya. Dibandingkan periode bulan Februari lalu terjadi penurunan, karena saat itu masih 2,25 dolar," kata Ketua Gapkindo Sumsel Alex K Eddy, Senin (3/4/2017).

Ia mengatakan, merosotnya harga komoditas karet tersebut berdampak ke pengusaha dan petani. Karena itu, ia berharap, pemerintahan pusat dan daerah bisa memberikan solusi melalui program yang nyata.

"Ketika harga karet turun, tidak ada perhatian dari pemerintah, padahal petani karet yang terkena dampak penurunan harga juga banyak," ujarnya.

Menurut dia, anjloknya harga karet bukan semata karena lesunya permintaan pasar, melainkan adanya dugaan para broker (pialang atau makelar) yang bermain dipasaran, meskipun stok dan permintaan masih stabil.

"Secara ekonomi tidak ada alasan yang signifikan. Kami perkirakan, ini permainan broker dunia di pasar karet," jelasnya.

Selain itu, lemahnya kebijakan pemerintah untuk memproteksi dan meningkatkan daya saing dengan mendorong kemajuan industri hilir komoditas tersebut.

"Jadi, kami semua prihatin dengan keadaan pasar karet ini," capnya.

Dampak anjloknya karet saat ini sudah dirasakan petani karet di OKU Sumsel, dimana harga karet naik sebelumnya Rp 12 kg, sekarang ini harga getah karet kembali anjlok diangka Rp 7 ribu per kilogram. Dan turunnya harga karet ini sudah terjadi sejak satu minggu belakangan.

Dengan penurunan itu, sejumlah petani memilih istirahat dulu menyadap karet, hingga harga karet kembali normal.

http://sumsel.tribunnews.com/2017/04/03/karet-anjlok-gapkindo-sumsel-ini-permainan-broker



Berita : Terkait