PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
Smoke
Dari kiri: Ketua Yayasan Sukanto Tanoto Foundationa, Sihol Aritonang, Direktur Asian Agri, Freddy Widjaya, Ketua Asosiasi Petani Swadaya Amanah, Sunarno

13 April 2017 - 08:17:31 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 361

Asosiasi Petani Swadaya Amanah Terima Sertifkat ISPO

Berita Lintas | 12 April 2017  | Administrator
img

Info SAWIT, JAKARTA – Asosiasi Petani Swadaya Amanah menjadi penerima sertifikat Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO) yang pertama bagi kelompk tepani swadaya di Indonesia.

Asosiasi Petani Swadaya Amanah, tercatat memiliki anggota sekitar 500 petani berlokasi di Ukui, Riau. Ini terjadi atas kerjasama multi pihak dalam industri kelapa sawit.

Keberhasilan Asosiasi Petani Swadaya Amanah memperoleh ISPO didukung proyek percontohan antara Kementerian RI dengan United Nations Development Programme (UNDP) dengan pendampingan selama 3 bulan, yang dilakukan dalam bentuk seminar terakit praktik berkelanjutan, manajemen kebun yang efektif, dalam upaya meningkatkan produktivitas petani swadaya.

Dikatakan Ketua Asosiasi Petani Swadaya Amanah, Sunarno, apa yang telah dicapai pihaknya bakal menjadi pembelajaran bagi semua petani, supaya bisa lebih baik lagi dalam berbudidaya kelapa sawit, termasuk menginformasikan kepada seluruh pihak termasuk ke luar negeri bahwa petani swadaya mampu menerapkan prinsip berkelanjutan dalam budidaya kelapa sawit. “Kami harap kerjasama praktik berkelanjutan dan pendampingan dari Asian Agri akan terus dilakukan bersama petani, kami juga siap berbagi ilmu dengan petani lain,” katanya kepada Info SAWIT di Jakarta.

Lebih lanjut kata Sunarno, keberhasilan yang telah dicapai Asosiasi Petani Swadaya Amanah, bukan keberhasilan sendiri tetapi merupakan keberhasilan bersama dengan pemangku kepentingan lainnya di industri kelapa sawit, dan semua ini dilakukan termasuk  cara untuk berbenah diri.

Sementara tutur Direktur Asian Agri, Freddy Widjaya, kemitraan antara petani dan perusahaan bisa mendorong komitmen berkelanjutan di industri kelapa sawit nasional. “Dengan diperolehnya ISPOpenerapan praktik perkebunan terbaik akan menjadi standar bagi para petanidan perusahaan pendamping untuk mendukung pemerintah mewujudkan kelapa sawit yang berkelanjutan,” tandas dia. (T2)

http://www.infosawit.com/news/6281/asosiasi-petani-swadaya-amanah-terima-sertifkat-ispo



Berita : Terkait