PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
Smoke
RSPO

21 April 2017 - 14:27:11 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 47

Resolusi Sawit Eropa Jadi Tantangan RSPO

Berita Lintas | 20 April 2017 | Administrator
img

InfoSAWIT, JAKARTA – Munculnya resolusi sawit Eropa yang dilakukan Parlemen beberapa waktu lalu, telah membuat pelaku kelapa sawit nasional menjadi geram. Apalagi alasan resolusi sawit itu diakibatkan masalah deforestasi yang datanya masih bisa diperdebatkan.

Namun lain pandangan yang dusampaikan pihak Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO), dalam wawancara terbatas dengan Direktur RSPO Indonesia, Tiur Rumondang, menyampaikan kemunculan resolusi sawit itu menjadi tantangan kelapa sait kedepan, serta menjadi peluang bagi RSPO menunjukkan kredibilitas sertifikasi berkelanjutan yang selama ini teah diterapkan. “Ini menjadi peluang kita tehadap berbagai pihak dan menunjukan sebjauh mana standar kulitas RSPO lebih baik dan lebih tinggi,” katanya kepada InfoSAWIT belum lama ini di Jakarta.

Lebih lanjut tutur Tiur, terlebih resolusi kelapa sawit ini sifatnya masih usulan dan akan melampaui berbagai tahapan yang masih cukup panjang untuk sampai disetujui menjadi sebuah kebijakan diEropa. “RSPO ada platform berkelanjutan yang lebih baik, justru dilakukan untuk menunjukan kemampuan yang lebih baik, ini juga termasuk untuk kepentingan industri,” kata Tiur.

Terkait bakal ada sertifikasi tunggal di Eropa, pihak RSPO tidak merasa khawatir lantaran, belum ditentukan model setifikasi seperti apa yang akan di terapan. “kita tidak usah menduga-duga, atau bisa jadi sertifikasi RSPO yang akan dijadikan standar itu,” tandas Tiur.  (T2)

Sumber http://www.infosawit.com/news/6300/resolusi-sawit-eropa-jadi-tantangan-rspo



Berita : Terkait