PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
Smoke
Dari Kiri: Diah Suradiredja (Wakil Ketua Tim Penguatan ISPO), Tiur Rumondang (Direktur RSPO Indonesia), Nurdiana Darus (Direktur Asia Tenggara Rainforest Alliance) dan Desi Kusumadewi (Manajer Kelapa Sawit dan Lanskap IDH Indonesia).

21 April 2017 - 14:30:02 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 170

Ketika Para Wanita Bicara Tentang Sawit

Berita Utama | 21 April 2017 | Administrator
img


Info SAWIT, JAKARTA – Hari ini (21/4) adalah bertepatan dengan hari Kartini, merupakan pelopor emansipasi di Indonesia. Perjuangan Kartini dulu nampaknya tidak sia-sia lantaran kini  para wanita Indonesia telah mampu menunjukkan tajinya, untuk tidak kalah dengan para pria.

Begitu pula di perkebunan kelapa sawit, komoditas unggulan nasional ini tidak bakal lepas dari peran wanita. Terlebih bagi petani, peran wanita menjadi sangat sentral lantaran selain sebagai ibu dan pengurus rumah tangga juga berperan membantu sang suami untuk menambah pendapatan keluarga dari perkebunan kelapa sawit. “Bekerja di kebun sawit bagi para wanita atau ibu itu pilihan,” tutur Direktur Asia Tenggara, Rainforest Alliance, Nurdiana Darus, dalam diskusi yang digelar IDH Indonesia, di Jakarta, dihadiri InfoSAWIT.

Lebih lanjut tutur Nurdiana Darus, kebanyakan wanita di perkebunan kelapa sawit adalah sebagai pekerja pemupukan,. Sebab itu perlindungan wanita perlu ada terutama bagi para wanita yang sedang hamil. “Ini yang harus di proteksi kita harus dorong perusahaan, Pemda untuk memperoteksi pekerja permpuan di lapangan,” katanya.

Sementara tutur Direktur RSPO Indonesia, Tiur Rumondang kritikan global terhadap Indonesia bisa dilihat dari kacamata positif perempuan Indonesia yang ingin membangun generasi selalu baik, dan bahwa Indonesia yang bisa memberikan banyak dampak terhadap perdagangan global selalu berbenah diri untuk perbaikan di berbagai aspek produksi minyak sawit dan komoditas unggulan lainnya. (T2)


Sumber http://www.infosawit.com/news/6301/ketika-para-wanita-bicara-tentang-sawit



Berita : Terkait