PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
Smoke
TBS

27 April 2017 - 08:06:28 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 573

Butuh Langkah Khusus Untuk Genjot Produktivitas Kebun Sawit Rakyat

Berita Utama | 27 April 2017 | Administrator
img

Info SAWIT, JAKARTA - Direktur Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian, Bambang mengatakan, capaian produksi rata-rata kelapa sawit petani tersebut terbilang masih sangat rendah, padahal potensi produksi kelapa sawit bisa mencapai 28,35 juta ton TBS dengan produktivitas mencapai 8,4 ton/CPO/ha, nilainya diperkirakan mencapai Rp 201,60 Triliun.

Dari hasil realisasi produksi perkebunan kelapa sawit dengan potensi tersebut, kata Bambang, ada potensi kehilangan hasil produksi yang cukup besar. Diperkirakan untuk produksi kehilangan potensi sekitar 17,49 juta ton TBS dengan nilai Rp 124,34 triliun. “Produktivitas kebun petani masih rendah, padahal potensi produktivitas kelapa sawit bisa mencapai 10 ton CPO per ha,” katanya.

Sebab itu perlu dilakukan langkah khusus dalam upaya meningkatkan produktivitas perkebunan kelapa sawit milik petani. Salah satunya dilakukan dengan peremajaan bagi kebun-kebun yang pohon sawitnya telah melampaui umur teknis atau berumur diatas 25 tahun.

Diperkirakan kebun kelapa sawit milik petani yang perlu diremajakan cukup luas, hingga mencapai ratusan ribu ha setiap tahun. Sayangnya peremajaan perkebunan kelapa sawit milik petani ini tidak berjalan begitu mulus.

Sebab pada kenyataannya kegiatan peremajaan kelapa sawit itu ternyata butuh dana yang tidak sedikit, merujuk perhitungan pemerintah peremajaan kelapa sawit per hektar butuh dana sekitar Rp 60 juta.

Jelas bagi petani swadaya jumlah pendanaan untuk peremajaan kelapa sawit tersebut bukan angka yang kecil, terlebih secara umum petani swadaya memiliki keterbatasan ekonomi. Sehingga permodalan untuk peremajaan kelapa sawit acap menjadi isu yang kerap muncul di lapangan. (T2)

Lebih Lengkap baca InfoSAWIT edisi April 2017

Sumber http://www.infosawit.com/news/6314/butuh-langkah-khusus-untuk-genjot-produktivitas-kebun-sawit-rakyat



Berita : Terkait