PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
Smoke
Kebun kelapa sawit

02 Mei 2017 - 08:06:43 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 137

2 Areal Konservasi Butuh Payung Hukum !!

Berita Lintas | 02 May 2017  | Administrator
img

Info SAWIT, JAKARTA - Tercatat sudah banyak kegiatan perlindungan lingkungan bagi areal-areal yang memiliki Nilai Konservasi Tinggi (NKT) yang dilakukan perusahaan perkebunan kelapa sawit di Kalimantan Barat. Hanya saja perlindungan NKT ini belum dilengkapi dengan payung hukum, alhasil areal konservasi itu rawan diambil alih pemerintah daerah atau masyarakat.

“Perusahaan sawit sudah membuka banyak lahan konservasi, dan saat ini butuh payung hukum lantaran lahan tersebut rawan diambil pemerintah daerah serta diberikan ke perusahaan lain atau lahan konservasi itu dimasuki masyarakat,” kata Manajer Kelapa Sawit dan Lanskap IDH Indonseia, Desi Kusumadewi.

Payung hukum bagi areal konservasi ini cukup dibutuhkan dilapangan, lantaran areal konservasi menjadi areal open akses bagi siapa saja yang handak menggunakan lahan tersebut. Sebab itu tutur Marcel, dengan KEE menjadi salah satu cara yang sangat baik dalam melindungi areal konservasi itu. “KEE itu hampir seluruh stakehokder dilibatkan termasuk LSM,” kata Marcel.

Dikatakan Bernardi dari PT Pasific Agro Sentosa, payung hukum untuk areal konservasi sangat dibutuhkan, lantaran dikhawatirkan investasi lingkungan yang sudah dilakukan perusahaan akan menjadi sia-sia tatkala Pemerintah Daerah memberikan ijin lokasi di wilayah areal tersebut. “Kerja keras kami melindungi lingkungan nanti hanya menjadi sia-sia belaka,” katanya.

Saat ini tercatat PT Pasific Agro Sentosa, yang merupakan perusahaan perkebunan kelapa sawit nasional, telah melakukan assesment dan sepakat menyisihkan lahan seluas 10 ribu ha untuk dijadikan areal konservasi, yang dilakukan semenjak 2012 lalu. Sementara itu regulasi KEE juga kabaranya masih dalam proses pengesahan di Kementeria LHK, jika saja regulasi ini muncul, maka perlindungan lingkungan menjadi lebih pasti. (T2)


Sumber http://www.infosawit.com/news/6337/2areal-konservasi-butuh-payung-hukum---



Berita : Terkait