PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
Smoke
TBS

18 Mei 2017 - 09:01:58 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 414

Kalsel Jadi Incaran Pembiayaan Sawit Bank Mandiri

18 May 2017 | Administrator
img

InfoSAWIT, BANJARMASIN - Walaupun dihadapkan dengan berbagai tantangan dan masalah, sektor industri kelapa sawit diharapkan mampu menjadi suatu bentuk diversifikasi pendorong perekonomian Kalimantan Selatan (Kalsel) yang hingga kini masih bertumpu pada industri batu bara.

Perbankan yang menjadi satu di antara stakeholder lainnya tentu berperan besar dalam industri kelapa sawit di Kalsel, termasuk dengan bantuan kredit permodalan bagi para pengusaha di industri ini. Bank Mandiri telah menyalurkan kredit kelapa sawit sebesar Rp 5,2 triliun sampai dengan kuartal I tahun 2017 di Kalsel. Jumlah tersebut tumbuh 15,1% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Regional CEO Bank Mandiri Region IX Kalimantan,Anton Zulkarnain menyatakan, kualitas kredit pada sektor ini termasuk yang sehat dibanding sektor lainnya, dengan NPL dibawah 0,5%. “Kami melihat sektor Kelapa Sawit merupakan industri yang cenderung menarik dan memiliki prospek yang baik,” kata Anton dalam acara Forum Group Discussion (FGD) di Banjarmasin, dikutip banjarmasinpost.co.id.

Lebih lanjut Anton menjelaskan, sektor Pertanian, Kehutanan dan Perikanan di tahun 2016 memberikan kontribusi 13% atas keseluruhan PDRB Kalimantan Selatan dan memiliki pertumbuhan paling besar dibanding sektor lainnya yaitu 9,8%.

Sedangkan produksi Kelapa Sawit sendiri di Kal-Sel sebesar 1,2 juta ton TBS (Data Tahun 2015) dan areal lahan sudah mencakup 9 dari 13 Kabupaten dengan luas sekitar 400 ribu hektare. (T2)

http://www.infosawit.com/news/6397/kalsel-jadi-incaran-pembiayaan-sawit-bank-mandiri



Berita : Terkait