PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
Smoke
Kebun kelapa sawit

15 Juni 2017 - 08:13:42 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 324

Dirjen Perkebunan Masih Menunggu Verifikasi Replanting

15 June 2017 | Administrator

InfoSAWIT, JAKARTA – Direktur Jenderal (Dirjen) Perkebunan Kementerian Pertanian, Bambang, masih menunggu verifikasi sejumlah proposal replanting dari Pemerintah Daerah. Menurutnya, hal ini sejalan dengan mekanisme yang baru dalam proses usulan replanting kebun sawit.

"Sebelumnya, dari kelompok tani langsung ke BPDP sawit. Sekarang, dari kelompok tani ke Dinas atau institusi di daerah. Tentu kita harus libatkan institusi yang ada di daerah," ungkapnya, seperti yang dilansir Bisnis.

Verifikasi dilakukan Ditjenbun untuk disampaikan ke Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Sawit. Meski tak disebutkan jumlah usulan yang masuk, Bambang menyampaikan usulan yang masuk jauh lebih besar dari alokasi replanting sawit tahun ini sebesar 20.700 hektare (ha) kebun sawit.

Bambang menambahkan, untuk menunggu verifikasi, pihaknya diminta agar petani sawit mulai melakukan persiapan replanting sebelum memasuki masa tanam pada September ini.

Sementara itu, Direktur Utama BPDP Sawit Dono Boestami mengungkapkan, jumlah usulan yang masuk saat ini 52 proposal. Dari 52 itu, empat proposal tengah diverifikasi.

Selanjutnya, Direktur Tanaman Tahunan Perkebunan Kementerian Pertanian, Irmiyati Rahmi Nurbahar menuturkan, empat proposal itu berasal dari Sumatera Selatan yang saat ini masih dalam proses verifikasi di pemerintah daerah.

Tambahnya, ia juga menuturkan bahwa pengusulan dilakukan secara berjenjang, yaitu dimulai dari pemerintah kabupaten, provinsi, dan berakhir di Ditjenbun. Selanjutnya, dari Ditjenbun akan disampaikan ke BPDP Sawit. (T4)

http://www.infosawit.com/news/6559/dirjen-perkebunan-masih-menunggu-verifikasi-replanting



Berita : Terkait