PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Smoke
RSPO dorong keterbukaan peta konversi

24 Juli 2017 - 07:46:59 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 644

Tahan Laju Kebakaran, RSPO Dorong Keterbukaan Peta Konsesi

24 July 2017 | Administrator

InfoSAWIT, JAKARTA -Akibat munculnya kejadian kebakaran hutan yang rutin terjadi setiap tahun di Indonesia, pada General Assembly ke-10 Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) di Medan pada tahun 2013, telah disepakati keterbukaan peta konsesi anggota RSPO. Langkah RSPO itu pun kini telah pula mendapat restu dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN.

Keterbukaan informasi peta konsesi perkebunan kelapa sawit kini mulai memasuki babak baru. Baru-baru ini sekretariat RSPO telah berkonsultasi dengan Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/BPN, Sofyan Djalil.Dalam pertemuan itu disepakati, tidak ada regulasi yang bisa mencegah RSPO dalam mengumpulkan peta konsesi perkebunan kelapa sawit dari anggota RSPO dengan format shapefile.

Dalam pertemuan itu pihak RSPO memaparkan keterbukaan peta konsesi yang telah digagasnya dan disampaikan melalui platform Global Forest Watch, yang dikembangkan oleh World Resources Institute (WRI), sehubungan dengan pencegahan terjadinya kebakaran yang ada di dalam wilayah konsesi perusahaan perkebunan kelapa sawit anggota RSPO. Platform ini, merujuk informasi dari RSPO, disambut baik oleh pemerintah sebagai upaya dalam memonitoring potensi terjadinya kebakaran pada sektor komoditas berbasis lahan di Indonesia.

Staf Ahli Menteri ATR/BPN Bidang Ekonomi Pertanahan, Sudarsono mengatakan, publikasi peta konsesi perkebunan kelapa sawit dengan format shapefile yang diperoleh dari anggota RSPO secara hukum diperbolehkan.

Pada kesempatan itu pihak RSPO juga kembali memastikan untuk tidak terjadi benturan hukum  mengenai terbitnya surat Menteri ATR/BPN ke Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) pada September 2016 lalu, yang mencatat bahwa pemerintah Indonesia tidak diizinkan untuk mempublikasikan peta konsesi.

Pihak RSPO mengakui bahwa pemerintah Indonesia tidak dapat menyebarluaskan informasi mengenai peta konsesi perkebunan kelapa sawit ke publik, sebab hanya perusahaan perkebunan kelapa sawit memiliki hak atas persetujuandalam mempublikasikan atau membagi informasi peta konsesi ke pihak lain dengan mempertimbangkan resiko dan benefit yang didapat.

Setelah adanya pertemuan ini, pihak RSPO pun mendorong seluruh anggota RSPO dari pihak perkebunan kelapa sawit untuk segera menyerahkan peta konsesi yang dimiliki dengan format shapefile ke Sekretariat RSPO. Langkah ini sebagai bentuk kepatuhan atas kebijakan RSPO pada General Assemblyke- 10h yang tercantum dalam resolusi 6g.(T2)

Sumber : http://www.infosawit.com/news/6729/tahan-laju-kebakaran--rspo-dorong-keterbukaan-peta-konsesi
 



Berita : Terkait