PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
Smoke
IPC Sambut 20 Pelajar Kalbar Usai Mengikuti Siswa Mengenal Nusantara TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / Nina Soraya

02 Agustus 2017 - 10:54:01 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 346

IPC Sambut 20 Pelajar Kalbar Usai Mengikuti Siswa Mengenal Nusantara

Selasa, 1 Agustus 2017

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Sebanyak  20 pelajar Kalbar tiba di Pontianak setelah mengikuti kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2017 yang berlangsung di Provinsi Gorontalo, Selasa (1/8). Kedatangan mereka disambut perwakilan IPC dan PT Perkebunan Nusantara XIII di Bandara Internasional Supadio.

Kegiatan SMN 2017 dilakukan selama satu Minggu. Peserta mendapatkan kesempatan untuk mengenal keberagaman kota serambi Madinah itu. Seperti dunia pendidikan,pariwisata,budaya,kearifan lokal,serta potensi-potensi yang ada di sana.

Kegiatan Siswa Mengenal Nusantara merupakan salah satu dari serangkaian kegiatan program BUMN Hadir Untuk Negeri yang digagas oleh Kementerian BUMN dalam rangka perayaan HUT Kemerdekaan RI tahun 2017. Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa siswi setingkat SMA/SMK/SLB.

Ini adalah tahun ketiga IPC melaksanakan kegiatan Siswa Mengenal Nusantara. Tahun ini
Penyelenggaraan kegiatan Siswa Mengenal Nusantara di Provinsi Kalimantan Barat adalah hasil berkolaborasi IPC dengan PT Perkebunan Nusantara XIII. IPC melakukan berbagai persiapan dalam memfasilitasi seluruh keperluan perjalanan para peserta selama 7 (tujuh) hari dari tanggaL 24 Juli 2017.

IPC sebagai perusahaan BUMN berkomitmen untuk secara berkesinambungan membangun kapasitas nasional (National Capacity Building) melalui berbagai program.

Sebelumnya, kegiatan Siswa Mengenal Nusantara di Pontianak dibuka langsung oleh Direktur SDM dan Hukum PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)/IPC, Rizal Ariansyah, Senin (25/7). Sebanyak 40 siswa dari Kalbar dan Gorontalo resmi mengikuti kegiatan ini.

Rizal mengatakan kalau kegiatan siswa mengenal nusantara ini juga untuk membangun sinergi dan kolaboradi antar BUMN dengan instansi pemerintah.

"Ini juga membuka kesempatan Perusahaan untuk terjun langsung berkontribusi dalam membangun karakter dan kompetensi generasi penerus bangsa," ucapnya.

Sebanyak 20 orang siswa-siswa Kalbar akan melakukan kegiatan Siswa Mengenal Nusantara di Provinsi Gorontalo, begitu juga sebanyak 20 murod dari Gorontalo juga akan melakulan pengenalan nusantara di Kalbar.

"Peserta dari 2 (dua) Provinsi di pertemukan agar dapat saling mengenal keberagaman budaya, kekayaan alam, potensi daerah, dan kewirausahaan. Peserta kegiatan Siswa Mengenal Nusantara adalah siswa siswi terbaik yang telah mengikuti dan lulus proses seleksi terlebih dahulu," tambah Rizal.

Seleksi peserta sendiri dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayakan Pemerintah Provinsi Gorontalo dan Provinsi Kalimantan Barat. Adapun persyaratan yang harus dipenuhi para peserta Siswa Mengenal Nusantara ialah putra/putri daerah Provinsi yang ditunjuk, siswa kelas XI SMA/SMK/SLB, memiliki prestasi akademik dan/atau non akademik (seni budaya, olahraga, dan lain sebagainya), aktif sebagai pengurus organisasi kesiswaan dan harus menulis essai sebanyak 500 kata yang menceritakan motivasi mengikuti kegiatan Siswa Mengenal Nusantara. (*)

Sumber : TRIBUNPONTIANAK.CO.ID



Berita : Terkait