PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
Smoke
Kebun kelapa sawit

08 Agustus 2017 - 08:10:28 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 136

Di Kalbar Diduga ada 8 Perusahaan Perkebunan Di Kawasan Hutan

08 August 2017 | Administrator

InfoSAWIT, PONTIANAK - Sedikitnya ada delapan perusahaan perkebunan kelapa sawit di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) diduga kuat merampas hutan dan lahan masyarakat, serta beroperasi di lahan gambut.

Mereka adalah PT CP, RK, MAR, SUM, PAL, SMS, WDBP, dan KMS. Manager Program Perkumpulan Bantuan Hukum Kalimantan, Esty Kristianti mengatakan, kedelapan perusahaan perkebunan kelapa sawit tersebut menyerobot hutan dan lahan milik warga setempat. Warga sudah berupaya mengadu ke pihak perusahaan, namun tidak ada respon yang baik.

"Warga sudah melapor bahkan sudah juga membuat surat ke pihak perusahaan, namun tidak mendapatkan respon. Atas kondisi itu, kami mendampingi warga untuk melaporkan kasus ini ke pihak Polda Kalbar dan Penegakan Hukum (Gakkum) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan(KLHK) dan baru mendapatkan respon," kata Hesti kepada wartawan saat konferensi pers di Hotel Santika, belum lama ini seperti dikutip tribunpontianak.co.id.
 
Secara rinci Hesti menyebutkan, di lokasi PT CP ada sekitar 8.123 hektare lahan berada di kawasan hutan. 7.756 hektare berada di kawasan gambut. "Lalu sangat disayangkan juga karena ada perusahaan berlokasi di kawasan hutan lindung, yakni PT RK berada di Kubu Raya. Luasnya mencapai 1672 hektare. Begitu juga PT KMS berlokasi di areal Taman Wisata Alam, mencapai 753 hektare," bebernya.(T3)

Sumber : http://www.infosawit.com/news/6783/di-kalbar-diduga-ada-8-perusahaan-perkebunan-di-kawasan-hutan



Berita : Terkait