PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
Smoke
Tandan Buah Sawit

09 Agustus 2017 - 08:13:14 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 271

Kerja sama Dagang Rusia-Indonesia Disambut Pelaku Sawit

09 August 2017 | Administrator

InfoSAWIT, JAKARTA - Pebisnis kelapa sawit Indonesia menyambut baik kerja sama perdagangan Indonesia-Rusia yang dinilai bisa menandingi kampanye anti-kelapa sawit Indonesia dari Eropa. Demikian hal tersebut diungkapkan Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Fadhil Hasan.“Kerja sama dengan Rusia bisa meningkatkan promosi dan riset sehingga persepsi negatif terhadap sawit bisa berkurang,” ujar Fadhil belum lama ini.

Ekspor kelapa sawit Indonesia ke Rusia juga terus berkembang dari tahun ke tahun. Pasar yang besar juga memperlihatkan Rusia sebagai target penjualan yang potensial. Fadhil menilai kebutuhan minyak sawit di Rusia akan terus meningkat.

Bulan April silam, Parlemen Uni Eropa mengeluarkan resolusi pelarangan impor kelapa sawit dari Indonesia karena dianggap terkait erat dengan isu pelanggaran HAM, korupsi, pekerja anak, dan penghilangan hak masyarakat adat. Selain itu, produksi sawit di Indonesia juga dianggap membahayakan kesehatan dan menyebabkan deforestasi akibat kerusakan lingkungan.

Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita mengatakan, sebenarnya hal itu adalah soal persaingan perdagangan karena produk Indonesia sangat kompetitif.
 
Direktur Eksekutif Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI), Sahat Sinaga menerangkan, minyak nabati produksi Eropa dan AS terus memojokkan sawit. Sahat menganggap hal tersebut sebagai persaingan bisnis dalam perdagangan global. “Minyak nabati mereka akan selalu kalah saing dengan sawit,” terang Sahat, sepertidikutipKontan.id. (T3)
 

Sumber : http://www.infosawit.com/news/6795/kerja-sama-dagang-rusia-indonesia-disambut-pelaku-sawit



Berita : Terkait