PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
Smoke
Kebun kelapa sawit

30 Oktober 2017 - 14:29:57 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 58

9000 Bidang Lahan Milik Pekebun Sawit Peroleh Sertifikat

30 October 2017 | Administrator img

InfoSAWIT, TELUK KUANTAN - Tahun depan, nasib para petani kelapa sawit yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Provinsi Riau akan lebih membaik. Karena Lahan yang selama ini mereka garap, segera bersertifikat.

Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Kuansing sudah meneken kesepahaman Memorandum of Understanding (MoU) dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kuansing soal pembuatan sertifikat itu di Taluk Kuantan, ibukota Kabupaten Kuansing, belum lama ini.

Dalam MoU itu, BPN Kuansing bakal menyiapkan 9000 persil sertifikat untuk petani sawit lewat program Tanah Objek Reformasi Agraria (TORA).

Inilah terobosan terbaru Apkasindo disaat banyak orang galau atas kepemilikan tanahnya. "Di 11 kabupaten/kota lain juga bakal segera kita lakukan MoU semacam ini, biar kehidupan semua petani di Riau semakin membaik," kata Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Apkasindo Riau, Gulat ME Manurung, usai meneken kesepahaman itu.

"Selama ini petani sangat ingin punya sertifikat lahan. Tapi mereka terganjal akses ke BPN, kelengkapan administrasi bukti kepemilikan lahan dan masih adanya lahan petani di kawasan hutan juga menjadi persoalan," katanya kutip gatracom.

Sederet persoalan tadi kemudian mengakibatkan ketidakpastian di kalangan petani kelapa sawit Apkasindo. "Banyak petani tak kebagian program pemerintah lantaran tidak punya sertifikat lahan. Misalnya program replanting yang dibikin Kementerian Pertanian. Terus petani juga tidak bisa dapat sertifikat ISPO dan yang lebih miris lagi, petani tidak bisa berurusan dengan bank. Persoalan semacam ini sudah berpuluh tahun lho dirasakan petani," ujarnya.

Rofingi ketua DPD Apkasindo Kuansing, menjelaskan di Kuansing, 95 persen lahan kelapa sawit rakyat belum bersertifikat. “Itulah makanya kami sangat berharap lewat program TORA yang ada, tahun 2019 75 persen kebun kelapa sawit rakyat sudah bersertifikat,” katanya. (T3)

Sumber : http://www.infosawit.com/news/7177/9000-bidang-lahan-milik-pekebun-sawit-peroleh-sertifikat-