PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
Smoke
Crude Palm Oil

31 Oktober 2017 - 08:09:52 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 52

Waduh, Produktivitas CPO Di Kalbar Hanya 2 Ton/Ha

31 October 2017 , 06:01 WIB | Administrator img

InfoSAWIT, PONTANAK - Kepala Dinas Perkebunan Kalimantan Barat, Florentinus Anum mengatakan saat ini produktivitas Crude Palm Oil (CPO) atau minyak sawit mentah di Kalbar rata-rata hanya 2 ton/hektare per tahun dan angka tersebut di bawah produktivitas nasional. "Rata-rata produktivitas CPO nasional sekitar 8 ton/hektare per tahun. Hal itu dibandingkan dengan di Kalbar tentu jauh perbedaan," ujarnya di Pontianak, dikutip Antara Kalbar.

Dengan produktivitas yang ada ia mendorong perusahaan sawit meningkatkan produktivitas dengan tindakan intensifikasi secara maksimal. "Saat ini seharusnya perusahaan jangan lagi memikirkan ekspansi lagi namun intensifikasi. Kita dorong perusahaan memikirkan intensifikasi," kata dia.

Terkait produk turunan CPO menurutnya di Kalbar masih rendah. Hal itu karena faktor infrastruktur yang memang masih belum mendukung. "Belum lagi Kalbar saat ini tidak memiliki pelabuhan untuk ekspor CPO secara langsung. Hal itu tentu semua butuh perhatian pemerintah pusat," papar dia.

Menurutnya apabila saat ini produk turunan di Kalbar ada maka akan memberikan nilai tambah yang lebih. Sehingga hal itu bisa membuka lapangan kerja, penambahan pendapatan masyarakat dan daerah serta lainnya.

"Saat ini di Kalbar produktivitas sawit sudah mencapai 2,2 juta ton CPO. Luas tanam sawit di Kalbar sudah mencapai 1,4 juta hektare. Bayangkan dari produktivitas yang ada tersebut hilirisasinya beberapa persen saja di Kalbar, akan beberapa lapangan kerja terbuka dan pendapatan daerah didapat," kata dia. (T3)

Sumber : http://www.infosawit.com/news/7182/waduh--produktivitas-cpo-di-kalbar-hanya-2-ton-ha