PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
Smoke
Kebun kelapa sawit

06 November 2017 - 07:44:07 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 49

Perbedaan Manajer Kebun Dengan “Pemimpin” Kebun

05 November 2017 | Administrator img

InfoSAWIT, JAKARTA -Dibutuhkan teknik menejeman yang baik untuk mengelola perkebunan kelapa sawit, apalagi perkebunan itu memiliki areal yang sangat luas. Mary Parker Follet, bahkan mendefinisikan manajemen sebagai seni untuk menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.

Pada saat perkebunan kelapa sawit masih sedikit (kecil), pemilik masih mampu mengurus kebunnya sendiri. Tetapi bila kebun berkembang,  bertambah luas, dan tersebar dibeberapa lokasi, aktivitas kebun pun meningkat dengan pesat. Masalah-masalah yang dihadapi pun bertambah. Pemilik tidak mampu lagi untuk mengurus kebun  dan mau tidak mau, memberikan wewenangnya kepada personil lain yang mampu untuk  mengelola kebun tersebut.

Personil tersebut disebut manajer kebun atau istilah lainnya, administratur. Untuk kebun yang lebih luas disebut group manager (GM). Pada umumnya manajer kebun berlatar belakang sarjana pertanian atau memiliki pengalaman kerja yang cukup lama dikebun.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, manajer adalah 1. orang yang mengatur pekerjaan atau kerja sama di antara berbagai kelompok atau sejumlah orang untuk mencapai sasaran; 2. orang yang berwenang dan bertanggung jawab membuat rencana, mengatur, memimpin, dan mengendalikan pelaksanaannya untuk mencapai sasaran tertentu.

Definisi paling umum dari manajer adalah seseorang yang bekerja dengan atau melalui orang lain melalui kegiatan mengkoordinasi berbagai aktifitas pekerjaan dalam upaya untuk mencapai tujuan organisasi.

Manajemen

Manajer berasal dari kata manajemen, yang berarti : organ suatu badan usaha yang dipercaya dapat menjalankan tugas kepengurusannya secara professional. Secara sederhana pengertian manajemen dimaksudkan sebagai kepengurusan yang menjalankan/mengelola perusahaan (running business) sehari-hari dengan menggunakan sarana dan prasarana yang ada dengan organisasi dan aturan-aturan yang telah ditetapkan guna mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Fungsi  Manajemen

Dalam  mengelola perusahaan,  manajer menjalankan fungsi manajemen. Fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan sebagai acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan. (Maruli Pardamean, Praktisi Perkebunan dan Penulis Buku)

Sumber : http://www.infosawit.com
 



Berita : Terkait