PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
Smoke
Deputi Menko Bidang Koordinasi Pengelolaan Energi Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup, Montty Girianna (sebelah kanan)

07 November 2017 - 10:38:32 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 60

Dorong Semua Pihak Tidak Membuka Lahan Dengan Membakar

07 November 2017 | Administrator img

InfoSAWIT, JAKARTA - Dikatakan Deputi Menko Bidang Koordinasi Pengelolaan Energi Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup, Montty Girianna, telah semenjak dua tahun lalu pemerintah telah merubah paradigma kebakaran lahan dari pemadaman ke pecegahan.

Cara demikian dianggap ampuh dalam upaya mencegah terjadinya kebaran lahan sedini mungkin, termasuk  meningkatkan sistem peringatan dini, memperlancar komunikasi di lapangan dan pemberian insentif untuk tidak tejadi kebakaran lahan. “Serta mendorong tidak membuka lahan dengan membakar,” katanya kepada InfoSAWIT.

Tutur Montty Girianna, program pencegahan kebakaran lahan dengan melibatkan partisipasi masyarakat, tidak hanya dilakukan Asian Agri saja, sebab RAPP, APP, PT Tri Putra, PT SMART dan lainnya juga melakukan hal serupa.

Namun demikian sudah saatnya, ungkap Montty Girianna, pemerintah untuk membuat suatu konsep dari kegiatan pencegahan kebakaran lahan ini yang sudah diterapkan, sehingga nantinya bisa di replikasi ke desa-desa lainnya. “Itu pekerjaan yang penting untuk pencegahan kebakaran lahan dan hutan,” katanya.

Montty pun berharap, program yang sudah berjalan bisa tetap dilakukan, lantas terus untuk belajar banyak dan sekuat mungkin untuk memahami bagaimana melakukan kegiatan pencegahan kebakaran lahan secara terus menerus. (T2)

Sumber : http://www.infosawit.com/news/7214/dorong-semua-pihak-tidak-membuka-lahan-dengan-membakar



Berita : Terkait