PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
Smoke
Kuliah umum

11 April 2019 - 14:10:43 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 62

Tantangan Sawit Masih Besar

11 April 2019 | by : Administrator

InfoSAWIT, JAKARTA -  Pengembangan sektor perkebunan kelapa sawit saat ini bukannya tanpa tantangan, dikatakan Ketua Umum Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI), Derom Bangun, tantangan di sektor kelapa sawit cukup besar maka itu perlu mengajak stakeholder yang lain termasuk kawan-kawan lulusan perguruan tinggi yang memiliki kapasitas.

Kata Derom, para lulusan perguruan tinggi yang sudah berhasil bisa juga memikirkan pengembangan sektor sawit akan diarahkan kemana, jangan kemudian hanya bisa bicara namun dan tidak memberikan solusi. “Kita harus terus mentriger tantangan tersebut,” katanya dalam Kuliah Umum yang diadakan Masyarakat Perkelapasawitan Indonesia, yang dihadiri InfoSAWIT, Rabu (10/4/2019) di Bogor.

Sementara dikatakan mantan Menteri Pertanian, Prof Bungaran Saragih, diakui atau tidak kekuatan Indonesia sejatinya ada di sektor agrikultur, sebab itu sudah saatnya secara bersama untuk memikirkan pengembangannya kedepan. “Dulu agrikultur belum dilirik, namun sekarang saya merasa senang sebab sudah banyak yang mulai memikirkan pengembangan sektor ini,” katanya.

Lebih lanjut kata Bungaran, kedepan sudah pula melakukan penelitian dan riset dengan serius, jangan lagi riset dijadikan hanya sebatas proyek tetapi mesti memiliki misi dan pengembangan bisnis lanjutannya. “Misalnya saja riset pupuk dananya hanya disediakan sekitar 0,05%, wajar riset pupuk kurang berkembang, maka itu kita harus ubah mainsetnya untuk pengembangan lebih lanjut,” tandas Bungaran. (T2)

Sumber : https://www.infosawit.com



Berita : Terkait