PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Smoke
Penyematan PIN , Penandatanganan serta Foto bersama PT Telkom Pontianak dengan PTPN XIII saat akan di gelarnya kick off Implementasi ERP-SAP

24 November 2017 - 10:45:51 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 1298

Bekerjasama Dengan PT Telkom, PTPN XIII Gelar Kick Off Implementasi ERP-SAP

Kamis, 23 November 2017

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Holding Perkebunan Nusantara PT Perkebunan Nusantara III (Persero) terus memantapkan langkah menerapkan Enterprise Resource Planning(ERP) menggunakan platform SAP di seluruh PTPN.

Hal ini diwujudkan dengan melaksanakan Kick Off Rollout 3 Implementasi dan Managed Service ERP SAP di PT Perkebunan Nusantara XIII pada Rabu (22/11) di Aula Kantor Direksi PTPN XIII Pontianak.

Kegiatan yang di laksanakan dari siang hingga sore hari ini, di ikuti seluruh Peserta seremoni Kick Off ERP terdiri dari Tim PT Telkom, Tim Divisi Teknologi Informasi Direktorat HCM & Umum PTPN III (Persero), Tim Konsultan Pendamping dari PT Sinergi Informatika Semen Indonesia, Direksi PTPN XIII dan jajaran manajemen serta perwakilan karyawan.

Sebelum di mulai, kegiatan yang di awali dilakukan penyematan pin fotosintesis (transformation through synergy & integrated system) dari PT Telkom kepada Direksi PTPN XIII.

(Baca: Enam Pelaku Pencurian Karet di PTPN XIII Diamankan Polisi )

Dan selanjutnya di lakukan penyematan pin oleh Direksi PTPN XIII kepada general manager, kepala bagian, kasubag, stafsubag, dan kerani kebun.

Usai penyematan pin, Direksi PTPN XIII, General Manager KB I dan KB II, dan Kepala Bagian menandatangani kanvas commitment building sebagai wujud kesiapan PTPN XIII dan komitmen untuk mengimplementasi ERP-SAP dan dilanjutkan dengan pemutaran video ERP, presentasi dan serta diskusi .

Direktur Komersil PTPN XIII Doni P. Gandamihardja menyampaikan arahan Direktur HCM & Umum PTPN III (Persero) bahwa implementasi ERP akan melakukan standarisasi proses bisnis di seluruh Holding untuk meningkatkan efisiensi proses, integrasi proses bisnis dalam rangka meningkatkan kinerja perusahaan.

"Hal ini didukung oleh data yang terintegrasi dan akurat serta tersedia tepat waktu yang akan meningkatkan kualitas serta ketepatan pelaporan internal dan eksternal termasuk ke Holding,"katanya

Lanjutnya ia menjelaskan dengan adanya ERP yang akan mengubah mindset dan membawa pada perubahan budaya kerja yang baru, untuk itu diperlukan komitmen dan konsistensi dalam menjalankan ERP.

Dalam Implementasi ERP akan diterapkan sampai ke Unit Kerja sehingga PTPN dan Holding bisa memperoleh data secara real time, selain itu dengan Implementasi ERP juga akan mendukung proses pengambilan keputusan secara cepat, efektif, dan efisien, karena data dan laporan tersedia secara real time.

Plt Kabag Manajemen Perubahan PTPN XIII Ferry Situmorang menjelaskan lebih lanjut PTPN XIII akan melaksanakan sosialisasi dan pelatihan ERP agar karyawan mengetahui bagaimana melakukan proses bisnis baru dan mahir menjalankan modul-modul SAP.

" Pada tahap awal PTPN XIII akan mengimplementasi modul Finance yang berkaitan dengan proses transaksi keuangan dan akuntansi dan modul Controlling untuk pengendalian biaya dan Pada tahap selanjutnya akan diimplementasi antara lain modul Tanaman, modul Plant Maintenance untuk pemeliharaan aset, modul Project System untuk pengelolaan proyek dan aktivitas lainnya, modul Production Planning untuk perencanaan produksi, modul Quality Management untuk pengendalian kualitas, modul Sales and Distribution untuk aktivitas penjualan dan distribusi, modul Material Management untuk pengadaan dan pergudangan, serta modul Human Capital Management untuk bidang sumber daya manusia," jelasnya

Lanjutnya, Dengan ERP harapan kedepan akan diwujudkan standarisasi dan integrasi proses bisnis bidang tanaman, teknik dan pengolahan, pengadaan, keuangan, akuntansi, kualitas, pemasaran dan sumber daya manusia.

Sementara itu, GM PT Telkom Witel Pontianak Bayun Royong Rohadi menambahkan pihaknya sebagai mitra implementor ERP dalam mengatakan, kecepatan menjadi penting pada era disruption dewasa ini, karena itu dibutuhkan dukungan infrastruktur teknologi informasi komunikasi dan aplikasi atau sistem yang andal.

"Telkom akan mendukung penuh untuk suksesnya implementasi ERP di PTPN Holding," ujarnya singkat.

Pada kesempatan yang sama Program Manager ERP PT Telkom Stevanus Astrianto menambahkan dalam presentasinya ia menyampaikan bahwa implementasi modul Finance dan modul Controlling (FICO) akan dilaksanakan per Januari 2018, maka untuk mendukung kelancarannya dan di tindak lanjuti Kick Off ERP.

Sumber : TRIBUNPONTIANAK.CO.ID
 



Berita : Terkait