PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
Smoke
Mengenal Minyak Kelapa Sawit Dan Minyak Inti Sawit

12 Desember 2017 - 09:47:38 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 825

Mengenal Minyak Kelapa Sawit Dan Minyak Inti Sawit

12 December 2017  | Administratorimg

InfoSAWIT, JAKARTA – Bagi hampir seluruh pelaku perkebunan kelapa sawit bisa jadi paham betul apa itu minyak sawit dan minyak  inti sawit. Namun bagi sebagian yang lain seperti petani dan masyarakat umum tentu belum memahami apa itu minyak sawit dan inti sawit

Nah, salah satu anggota Group WhatsApp Palm Oil Mill, Zuna Tanjung, berbagi mengenai perbedaan antara minyak sawit dan minyak inti sawit, tentu saja dengan pembahasan yang lebih sederhana.

Catat Zuna, minyak kelapa sawit ditemukan di bagian buah yang berdaging (mesocarp), sedangkan minyak inti sawit ditemukan dalam inti atau biji buah. Kedua minyak ini memiliki komposisi asam lemak yang berbeda jauh.

Dimana minyak kelapa sawit mengandung 50% lemak jenuh dan 50% lemak tak jenuh. Secara spesifik, minyak kelapa sawit mengandung sekitar 44% asam palmitat, 5% asam stearat, 39% asam oleat (tak jenuh tunggal), dan 10% asam linoleat (tak jenuh ganda). Kandungan asam miristat dan asam laurat dalam minyak kelapa sawit dapat diabaikan.

Sebaliknya, komposisi asam lemak pada minyak inti sawit menyerupai minyak kelapa, atau yang umumnya dianggap dengan istilah “lemak jenuh”. Sekitar 82% dari minyak inti sawit merupakan lemak jenuh dengan kandungan utama 48% asam laurat, 16% asam miristat, dan 8% asam palmitat. Sekitar 18% dari minyak inti sawit terdiri dari lemak tak jenuh dengan 15% asam oleat (tak jenuh tunggal) dan 3% asam linoleat (tak jenuh ganda).

Asam lemak secara spesifik merujuk penelitian saat ini menunjukkan bahwa tidak semua lemak jenuh dapat dikategorikan “buruk” dalam kaitannya dengan kadar kolesterol darah. “Setiap asam lemak menunjukkan karakteristik unik terhadap peredaran kolesterol,” catat Zuna. (T2)

Sumber : http://www.infosawit.com/news/7433/mengenal-minyak-kelapa-sawit-dan-minyak-inti-sawit



Berita : Terkait