PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
Smoke
Perkebunan Kelapa Sawit : Meningkatkan Peran Aktif Bagi Masyarakat Luas

27 Desember 2017 - 07:40:53 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 159

Perkebunan Kelapa Sawit : Meningkatkan Peran Aktif Bagi Masyarakat Luas

27 December 2017 | Administratorimg

InfoSAWIT, JAMBI - Sebagai bagian dari masyarakat lokal, sosok Sanusi dilahirkan di desa Terusan dan sering terlibat dalam kegiatan-kegiatan desanya. Hingga terjadi pemekaran Kabupaten Teboh pada tahun 2003 silam. Dirinya mendapat tugas di Kecamatan Maroboh hilir sejak tahun 2014, sebagai kepala seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa atau Kelurahan (PMDK).

Dirinya melihat potensi perekonomian masyarakat sekitar berasal dari kegiatan bertani. Dimana, kegiatan perekonomian sebagian besar masyarakat bisa mendapatkan keberhasilannya. Lantaran, sebagian besar masyarakat memiliki lahan perkebunan dan sawah, dimana pendidikan rata-rata anaknya mengenyam bangku sekolah hingga kuliah di perguruan tinggi.

Kendati mengalami kendala sarana dan prasarana, berkat dana pembangunan desa, maka keberadaan desa-desa di wilayah kecamatannya bisa terbangun sesuai kemampuannya. Terlebih, adanya keterlibatan perusahaan perkebunan kelapa sawit seperti Asian Agri yang secara nyata terlibat aktif memberikan bantuan kepada kegiatan masyarakat.

Sejak dua tahun silam, perusahaan milik Asian Agri sudah terlibat aktif membantu kegiatan masyarakat seperti Pekan olah raga dan seni usia dini (Pesimas) yang bertujuan mencari bakat dan seni dari masyarakat yang berada di Kecamatan untuk berlomba kembali di tingkat Kabupaten.

Kendati baru menjabat plt camat sejak 3 Februari 2017, namun dirinya memiliki pandangan optimis bagi keberhasilan pembangunan di daerahnya. Lantaran adanya kerjasama erat pembangunan yang dilakukan secara bersama-sama antara masyarakat dan perusahaan perkebunan kelapa sawit.

“Tentunya, harapan masyarakat sangat tinggi kepada dunia pendidikan, supaya memiliki tenaga pengajar yang berkualitas sesuai dengan latar belakang pendidikannya,” ujarnya menggambarkan keinginan masyarakat terhadap dunia pendidikan, saat bertemu InfoSAWIT, belum lama ini di Jambi.

Harapan masyarakat tersebut, seringkali ditujukan kepada dirinya bersama jajarannya, supaya lebih aktif memberikan pelayanan kepada dunia pendidikan supaya memiliki tingkat keberhasilan lulusan peserta didik yang baik. Terlebih adanya dunia usaha yang beroperasi di wilayahnya, supaya dapat ikut terlibat aktif mendukung dunia pendidikan bagi masyarakat luas.

Dukungan perusahaan perkebunan diharapkan dapat membantu menyediakan guru-guru yang berkualitas tinggi untuk terlibat dalam pengajaran di sekolah, sehingga kemampuan peserta didik tidak tertinggal bila dibandingkan daerah lainnya.

“Saat ini sudah berjalan program kemitraan dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit untuk pengembangan Sekolah Sawit Lestari dan beasiswa yang diberikan perusahaan,” katanya lebih lanjut,”Diharapkan kedepan, bisa lebih merata dukungan yang diberikan perusahaan perkebunan kelapa sawit, sehingga masyarakat luas bisa lebih sejahtera”. (T1)

Sumber : http://www.infosawit.com/news/7505/perkebunan-kelapa-sawit---meningkatkan-peran-aktif-bagi-masyarakat-luas



Berita : Terkait