PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
Smoke
Jokowidodo

02 Januari 2018 - 10:26:24 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 370

Jokowi: Buat Rakyat Bisa Memiliki Lahan Layaknya Korporasi

02 January 2018 | Administratorimg

InfoSAWIT, YOGYAKARTA – Bicara masalah hutan di Indonesia, Presiden Jokowi tampak sangat serius ditempat bekas kampusnya di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, pekan lalu. Kendati acara itu dibungkus berupa silaturahmi antar-alumni di sela perayaan Dies Natalis UGM ke-68, Jokowi menyinggung persoalan hutan di Indonesia dan masih minimnya manfaat yang bisa dirasakan oleh rakyat.

Jokowi bahkan menyayangkan kondisi hutan-hutan Indonesia yang banyak terlantar yang justru merupakan paling subur, bukan tanah kering dan tandus yang perlu waktu lama untuk perbaikan. “Kenapa sampai sekarang kita tidak bisa memiliki hutan seperti misalnya mahoni yang sejuta dua juta hektar ?” ujar Jokowi dihadapan para mahasiswa dan dosen Fakultas Kehutanan UGM seperti dikutip Tempo.co.

Menurut Jokowi, sebenarnya agar hutan Indonesia dapat bermanfaat bagi rakyat caranya tidaklah terlalu sulit. Dengan lahan hutan yang mencapai 12,7 juta hektar, rakyat dilibatkan penuh untuk ikut mengelola. Jokowi menegaskan, harus rakyat yang memiliki.

“Rakyat yang menanam, dan rakyat harus dikorporasikan, rakyat menjadi sebuah grup dan kelompok besar, agar memiliki beribu-ribu hektar, dari situlah rakyat yang menjual hasil hutan ke hilirnya yaitu pabrik,” kata Jokowi.

Lebih lanjut tutur Jokowi, pemerintah bisa membagi-bagikan lahan hutan itu agar bisa dikelola rakyat. Bahkan Jokowi menjanjikan bila perlu pemerintah menyiapkan hilirnya atau pabrik pembeli hasil hutan itu.

Jokowi mencontohkan pengelolaan hutan yan baik dan bermanfaat bagi rakyat dan swasta seperti sudah diterapkan negara-negara yang kaya hanya dari hasil hutan saja seperti Norwegia. “Bener-bener hutan itu dikelola dari hulu ke hilir, diselesaikan, di sini ada tanam, di sini ada pabriknya, dalam sebuah kawasan, tapi rakyat atau negara yang memiliki,” tandas Jokowi . (T2)

Sumber : http://www.infosawit.com/news/7537/jokowi--buat-rakyat-bisa-memiliki-lahan-layaknya-korporasi



Berita : Terkait