PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
Smoke
Crude Palm Oil

03 Januari 2018 - 14:36:00 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 344

Cargill Stop Pembelian Minyak Sawit Dari Guatemala

03 January 2018 | Administrator img

InfoSAWIT, MINNETONKA – Perusahaan perdagangan minyak sawit dunia, Cargill yang berbasis di Minnesota, Amerika Serita, baru-baru ini  mengumumkan penghentian pembelian minyak kelapa sawit dari Guatemala,

Alasannya perkebunan kelapa sawit dari Guatemala itu dituding telah memproduksi minyak sawit dengan melakukan pelanggaran hak asasi manusia dan isu lingkungan.

Dikutip InfoSAWIT dari Star Tribune, Cargill adalah salah satu pedagang minyak kelapa sawit terbesar di dunia, yang banyak digunakan untuk kebutuhan pasokan bahan baku makanan dan kosmetik.

Tercatat penangguhan pembelian itu dilakukan Cargill semenjak November 2017 dengan perusahaan kelapa sawit di Guatemala, REPSA. Pihak Cargill mengungkapkan, bakal kembali menjalin kerjasama dengan REPSA jika ada komitmen untuk melakukan perbaikan.

Penangguhan pembelian minyak sawit dari REPSA oleh Cargill terjadi setelah munculnya kematian seorang pria yang melaporkan tentang banyaknya ikan di sungai mati diduga akibat tercemar oleh operasi kelapa sawit pada September 2015. Kendati demikian pihak perusahaan berdalih membantah tidak terlibat.

Hasil Pengadilan di Guatemala memerintahkan REPSA untuk menutup perkebunan kelapa sawit tersebut selama enam bulan, namun setelah REPSA melakukan banding ke pengadilan yang lebih tinggi, hasilnya membatalkan keputusan pengadilan sebelumnya. (T2)

Sumber : http://www.infosawit.com/news/7543/cargill-stop-pembelian-minyak-sawit-dari-guatemala



Berita : Terkait