PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
Smoke
Sekjen Petani Kelapa Sawit (SPKS), Mansuetus Darto

09 April 2019 - 10:50:55 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 55

Bentuk Satgas Sawit Untuk Pantau Harga TBS Petani

09 April 2019 | by : Administrator

InfoSAWIT, JAKARTA - Melorotnya harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit memang bukan hal baru pada industri perkebunan kelapa sawit, apalagi harga TBS sawit petani ditentukan oleh berfluktuasinya harga minyak sawit mentah di dunia.

Hanya saja apakah kemudian itu menjadi pembiaran yang pada akhirnya ada sekelompok oknum yang kemudian memanfaatkan kondisi tersebut untuk menumpuk pundi keuntungan. Tentu saja tidak bisa dibiarkan, pengelolaan tata niaga TBS sawit petani harus juga menjadi perhatian penting, paling tidak dilakukan perbaikan untuk kebaikan bersama.

Salah satu orang yang cukup memerhatikan hal tersebut adalah Sekjen Petani Kelapa Sawit (SPKS), Mansuetus Darto. Bahkan saran dia, saat ini pemerintah perlu membangun satgas sawit di daerah untuk melakukan pengawasan beberapa hal yang dapat membantu petani, misalnya pertama, untuk mengawasi peredaran bibit, pupuk, pestisida dan pembangunan kebun rakyat untuk memastikan kepastian legalitas lahan yang digunakan dan tidak membakar.

Kedua, Untuk melakukan pengawasan MoU Kemitraan antara petani dan perusahaan untuk memastikan skema kemitraan antara petani dan perusahaan secara adil, setara dan tidak merugikan petani.

Ketiga, untuk mengawasi dan mengevaluasi alat timbang buah sawit di pabrik-pabrik kelapa sawit sehingga alat-alat timbang TBS sawit petani tidak merugikan petani. “Dan keempat, memastikan kerjasama antara pabrik dengan petani swadaya untuk mengontrol harga yang kerap dimainkan oleh tengkulak, ram sawit dan CV,” tandas Darto dalam sebuah acara di Jakarta yang dihadiri InfoSAWIT. (T2)

Sumber : https://www.infosawit.com



Berita : Terkait