PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
Smoke
Foto ilustrasi

15 April 2019 - 08:20:08 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 28

Kebutuhan Biodiesel Sawit 2019 Capai 6 Juta Ton/Tahun

15 April 2019 | by : Administrator

InfoSAWIT, JAKARTA - Diperkirakan tahun 2019 ini, kebutuhan biodiesel akan mencapai hingga 6 juta ton per tahun. Sehingga, rata-rata kebutuhan biodiesel per bulan mencapai 500 ribu ton. Peningkatan kebutuhan pasar domestik biodiesel tentu saja akan mengerek kebutuhan akan bahan bakunya, yaitu, minyak sawit mentah (CPO), sehingga pasar domestik akan turut menopang pertumbuhan perkebunan kelapa sawit nasional.

Kendati ada sejumlah penolakan terhadap penggunaan B20, namun program pemerintah ini terus dijalankan melalui berbagai cara. Salah satunya, melalui suplai pasokan berkelanjutan kepada PT Pertamina, berupa, Fatty Acids Methyl Ester (FAME) untuk dicampur sebanyak 20% bagi kebutuhan minyak solar nasional. Sebagai informasi, kebutuhan solar nasional mencapai 34 kilo liter setiap tahunnya.

Adanya penolakan seperti dari angkutan umum sudah dilakukan sejak 2016 silam. Mereka memprotes penggunaan biodiesel B20 karena menyebabkan mesin kendaraan mereka rusak. Kondisi terbalik justru dialami kapal-kapal laut nasional karena sudah menggunakan biodiesel hingga campuran 50%. Pesatnya kebutuhan pasar biodiesel nasional tentu membuka peluang besar bagi ceruk pasar yang kian meningkat.

Memang ada yang dirugikan karena penggunaan biodiesel ini secara nyata juga menggerus kebutuhan impor BBM nasional. Ada beberapa pihak mengalami dirugikan karena berkurangnya pemasukan keuntungan dari jumlah impor BBM yang dilakukan pemerintah. Guna mendorong pasokan biodiesel nasional, ceruk pasar domestik biodiesel juga akan terus bertambah.

Pemerintah Indonesia sendiri tetap konsisten akan penggunaan bahan bakar nabati (BBN) terutama biodiesel. Rencana tahun ini, penggunaan biodiesel juga akan meningkat jadi B30. Minyak sawit mentah (CPO) akan semakin dibutuhkan oleh pasar domestik. Sebab itu peningkatan permintaan di pasar domestik akan menurunkan ketersediaan minyak sawit bagi pasar ekspor.

Untuk kondisi terakhir, Menteri Keuangan, Sri Mulyani, pihak APROBI bersama-sama datang ke Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk menginisiasi terwujudnya Green gasoline. Di sisi lain, pemerintah diharapkan serius untuk mendorong penggunaan biodiesel hingga B30 di tahun ini. Uji coba penggunaan B30 juga sedang dilakukan dan direncanakan, penggunaannya direalisasikan pada bulan Agustus 2019.

“Mohon dorongan kepada pemerintah supaya mempercepat penggunaan B30 bagi pasar domestik supaya keberadaan minyak sawit dapat digunakan sebagian besar bagi kepentingan nasional,” ujar Ketua Umum Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi), MP Tumanggor menjelaskan kepada InfoSAWIT awal Januari 2019 lalu. (T1)
 
Sumber : https://www.infosawit.com



Berita : Terkait