PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id

15 April 2019 - 08:25:35 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 47

Kesadaran Menyehatkan Tanah Selamatkan Sawit dari Ganoderma

15 April 2019 | by : Administrator

InfoSAWIT, JAKARTA - Penggunaan agroinput berbasis kimia secara terus-menerus, terbukti,  menjadikan ekosistem semakin parah dan keragaman hayati dalam tanah menurun sangat drastis, termasuk, musuh alami Ganoderma.

Dari keadaan inilah maka potensi infeksi Ganoderma akan semakin aktif  dan kesadaran untuk menyehatkan tanah menjadi sangat penting untuk segera dilakukan.

Banyak pengelola kebun beranggapan bahwa penyakit ini sulit untuk dikendalikan karena serangannya yang begitu cepat. Cara pandang seperti ini akan menimbulkan perbedaan cara dalam menyikapi patogen tersebut, termasuk juga dalam pengambilan langkah-langkah pengendaliannya sehingga banyak yang gagal dalam mengendalikan patogen ini. Hal ini membuat banyak pengelola perkebunan kewalahan untuk menemukan solusi yang tepat.

Pada dasarnya kita harus tahu persis terlebih dahulu identitas dan perilaku  patogen ini. Pengetahuan yang mendalam tentang bagaimana cara Ganoderma bertahan hidup, penularan ke tanaman yang lain, keanekaragaman jenis Ganoderma di lapangan, serta keberadaan tanaman inang, akan dapat memberikan petunjuk yang tepat untuk menetapkan kekuatan dan kelemahannya sehingga dapat  memenangkan perlawanan terhadap patogen ini.

Seharusnya pekebun mulai mengubah pola perlakuan terhadap tanahnya, yaitu, tidak hanya mengendalikan Ganoderma dengan pengendali hayati, tetapi juga harus segera menggantikan pupuk kimia dengan pupuk organik yang stabil dan berkualitas, seperti, pupuk  MOAF®.

Dengan demikian dalam jangka panjang tanah akan semakin subur, efisiensi serapan hara semakin tinggi dan tekanan penyakit semakin menurun karena keragaman hayati tanah semakin meningkat.

Semua praktisi kebun pasti menginginkan kebun yang bebas dari hama dan penyakit. Ada beberapa hal yang  harus diperhatikan untuk pencegahan Ganoderma  seperti :

Berhenti menggunakan agroinput  berbasis kimia yang dapat membunuh  musuh alami dari jamur Ganoderma.

Memperbaiki struktur kesuburan, kesehatan dan keasaman tanah serta mengembalikan keseimbangan ekosistem alam dengan pemberian pupuk organik yang stabil dan berkualitas seperti pupuk  MOAF®  sehingga dapat menekan laju infeksi Ganoderma di dalam tanah.

Menggunakan pengendali hayati dengan memanfaatkan mikroorganisme yang tepat, seperti, CHIPS® (bukan hanya Trichoderma).

Sumber : https://www.infosawit.com