PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
Smoke
Hambatan Dagang Jadi Kendala Ekspor Sawit

08 Januari 2018 - 14:01:11 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 256

Hambatan Dagang Jadi Kendala Ekspor Sawit

08 January 2018 | Administrator
img

InfoSAWIT, JAKARTA -  Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Rina Oktaviani mengakui, produk industri Indonesia kerap menghadapi kendala.

Paling mudah contohnya adalah komoditas minyak sawit Indonesia yang kerap dipersulit masuk dan bersaing melalui aturan yang ketat. Selain itu, di beberapa negara ada upaya-upaya melakukan kampanye negatif.

"Untungnya, efek kampanye negatif terhadap produksi palm oil Indonesia sejauh ini tidak terlihat. Tapi, harapannya, Indonesia dan Uni Eropa tetap bisa memperkuat kerja sama," katanya seperti dikutip InfoSAWIT dari RMOL.

Meskipun tersendat akibat munculnya sejumlah aturan, Rina menyarankan, para pebisnis harus tetap menyesuaikan dengan ketentuan yang ada. Merujuk studi Indef, kenaikan 1% impor dari Uni Eropa akan meningkatkan investasi dana asing Uni Eropa sebesar 2,43% pada tahun berikutnya. Begitu pula kenaikan 1 juta Euro investasi langsung, dana asing dari Uni Eropa akan meningkatkan impor Indonesia sebesar 2,14 juta dolar AS di tahun berikutnya. (T2)

Sumber : http://www.infosawit.com/news/7562/hambatan-dagang-jadi-kendala-ekspor-sawit



Berita : Terkait