PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Smoke
Ilustrsi Perkebunan Kelapa Sawit

23 Oktober 2019 - 11:19:00 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 291

Prospek Sektor Sawit Masih Cerah

22 October 2019 | by : Administrator

InfoSAWIT, BEKASI – Kendati harga minyak sawit (CPO) masih berfluktuatif, bukannya prospek sawit menjadi suram. Dikatakan Direktur Utama PT Unggul Widya Teknologi Lestari (UWTL), Tjokro Putro Wibowo, justru prospek industri kelapa sawit nasional masih baik.

Apalagi saat ini pemerintah Indonesia akan menerapkan mandatori campuran biodiesel 30 ke minyak solar berbasis fosil atau tren dikenal program B30. “Jika program ini dterapkan maka serapan CPO bisa meningkat, tentunya harga juga harapannya bisa terkerek naik,” katanya kepada InfoSAWIT, belum lama ini di Bekasi, Jawa Barat.

Melihat prospek tersebut, maka produksi minyak sawit mentah (CPO) perusahaan pun tetap ditarget tinggi atau paling tidak sama dengan tahun lalu. Kata Tjokro, sampai September 2019, perusahaan telah memproduksi CPO sebanyak 86 ribu ton dan diperkirakan selama Oktober sampai Desember 2019 bisa berproduksi 34 ribu ton. “Sehingga diperkirakan produksi sampai akhir tahun 2019 akan mencapai 120 ribu ton,” katanya.

Tercatat memang ada penurunan produksi sekitar 6000 ton dibandingkan tahun 2018 lalu yang mampu mencapai 126 ribu ton CPO. Kondisi ini kata Tjokro, lebih disebabkan oleh cuaca ekstrim yang melanda sebagian besar wilayah Indonesia. “Kemarau panjang mengakibatkan produksi Tandan Buah Segar (TBS) sawit menurun,” tandas Tjokro. (T2)

Sumber : https://www.infosawit.com



Berita : Terkait