PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
Smoke
Wadah Planters Untuk Urai Kendala Sawit dan Perkuat Kompetensi

15 Januari 2018 - 10:07:16 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 267

Wadah Planters Untuk Urai Kendala Sawit dan Perkuat Kompetensi

15 January 2018  | Administrator
img

InfoSAWIT, JAKARTA – Para pekerja kebun sawit di lapangan, atau yang kerap disebut dengan planters, tidak bisa daiabaikan begitu saja. Terlebih planters di Indonesia bisa jadi ada puluhan ribu orang. Wajar bilamana, salah satu planters dari Trainer dan motivator CTP, Wijaya Yasmin mengungkapkan, bila planters menjadi bagian dari penggerak perekonomian nasional.

Lantaran dari para planters, tingkat produksi kelapa sawit Indonesia -yang memiiki kontribusi tinggi pada pendapatan negara- ditentukan, kendati demikian,Wijaya mengakui, masalah utama yang masih kerap dihadapi adalah rendahnya rendemen minyak sawit mentah/CPO per hektar secara rata-rata nasional.

“Ada yang masih sekitar  2 ton/ha/tahun tapi ada pula yang mencapai sampai 8 ton. Untuk itulah perlunya berbagi pengalaman  best practice di antara sesama pelaksana perkebunan, sehingga kualitas produk kita tidak terlalu jauh berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya,” catata Wijaya yang dikutip InfoSAWIT dari laman facebook The Planters - Communication and sharing on Palm Oil Industry, Rabu (10/1/2018).

Lantas, kendala lainnya adalah belum adanya standar gaji dan fasilitas untuk level asisten lapangan ke atas. Standar dimaksud, mestilah ditetapkan oleh Pemerintah. Dengan demikian nantinya siapa pun planters yang bekerja dengan jabatan yang sama dan masa kerja yang sama, maka gaji dan fasilitasnya hampir sama, walau kemanapun pekerja itu pindah perusahaan.

“Masalah gaji tentu saja berkaitan dengan kompetensi. Oleh karena itu kita mengharapkan agar semua planter dapat memperoleh sertifikat sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan pemerintah,” jelas Wijaya.

Selanjutnya dengan gaji yang wajar, fasilitas yang standar, dan kompetensi yang unggul, muaranya tentu saja pada optimalnya pencapaian rendemen minyak, dan sejahteranya para planters dan keluarganya.

Sebab itu, guna mengurai kendala sejatinya bisa dilakukan dengan urun rembug dan bersama membangun wadah resmi bagi para planters, apalagi kata Wijaya, planters banyak dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia. “Dibutuhkan wadah pemersatu para planters untuk mengoptimalkan peranannya dalam mewujudkan tujuan pembangunan nasional yaitu tercapainya masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera,” tandas dia. (T2)

Sumber : http://www.infosawit.com/news/7596/wadah-planters-untuk-urai-kendala-sawit-dan-perkuat-kompetensi



Berita : Terkait