PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
Smoke
Bambang (DirjenBun Kementan)

12 April 2018 - 09:50:32 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 92

Memelihara Sawit Supaya Tidak Merambah Hutan

12 April 2018 | by : Administrator
 
Memelihara Sawit Supaya Tidak Merambah Hutan
InfoSAWIT, JAKARTA – Dikatakan Direktur Jenderal Perkebunan (DirjenBun) Kementan, Bambang, hampir separuh luasan kelapa sawit di Indonesia adalah dikelola oleh petani dan telah memberikan kontribusi yang besar bagi PDB serta nilai ekspor nasional.
 
Lebih lanjut kata dia, nilai ekspor sektor pertanian tahun 2017 lalu sebanyak US$ 33 miliar, dimana untuk kelompok komoditas perkebunan berkontribusi sebanyak US$ 28 miliar, dan sjumlah US$ 22 miliar disumbang dari ekspor minyak sawit Indonesia.
 
Saat ini, diakui Bambang masih banyak isu yang memojokan kelapa sawit Indonesia yang dituding sebagai biang kerusakan hutan dan lingkungan. “Sampai kapanpun dan sebaik apapun pengelolaan kelapa sawit di Indonesia, tidak akan lepas dari isu negatif dan ini adalah pelajaran buat kita,” katanya dalam acara penyerahan premium sharing bagi petai mitra Asian Agri yang dihadiri InfoSAWIT, Selasa (10/4/2018) di Jakarta. 
 
Sebab itu saran Bambang, perbaikan pengeloaan perkebunan kelapa sawit nasional harus tetap dilakukan dan melakukan pembenahan dengan sebaik mungkin. Sebab itu sawit harus dipelihara dan dijaga, lantaran bila sawit tidak dipelihara bakal berpotensi merambah hutan. “Dengan menjaga sawit maka akan melindungi hutan tropis dunia,” katanya.
 
Lantas, selanjutnya kata Bambang, sektor kelapa sawit juga harus terintegrasi dengan petaninya. “Dan ini adalah pekerjaan rumah bagi kita karena amanat UU,” tandas Bambang. (T2)
 
Sumber : https://www.infosawit.com



Berita : Terkait