PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
Smoke
Direktur Eksekutif LinKAR Borneo, Agus Sutomo

17 April 2018 - 12:50:03 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 246

Partisipasi Aktif Masyarakat Hasilkan Minyak Sawit Berkelanjutan

17 April 2018 | by : Administrator
 
InfoSAWIT, PONTIANAK -  Menghasilkan minyak sawit berkelanjutan berlandaskan prinsip dan kriteria berkelanjutan merupakan kewajiban perusahaan perkebunan kelapa sawit. Pasalnya, peraturan dan perundang-undangan yang berlaku wajib dipatuhi oleh semua orang, termasuk pelaku usaha perkebunan kelapa sawit nasional pada umumnya.Partisipasi masyarakat untuk terlibat aktif dalam pengelolaan perkebunan kelapa sawit sangat mungkin dilakukan untuk memastikan penerapan prinsip dan kriteria berkelanjutan.
 
Direktur Eksekutif LinKAR Borneo, Agus Sutomo, sertifikasi Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) secara sukarela bisa diterapkan para pelaku usaha perkebunan kelapa sawit nasional termasuk para petani.
 
Lebih lanjut, kata Agus, Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) yang diwajibkan pemerintah secara mandatori juga harus dilaksanakan dengan baik kendati masih banyak persoalan dan hambatan yang menghimpitnya. “Namun sertifikasi ISPO dan RSPO akan mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap perkebunan kelapa sawit nasional,” katanya kepada InfoSAWIT belum lama ini di Pontianak.
 
Penerapan prinsip dan kriteria berkelanjutan akan pula membantu meningkatkan produktivitas hasil panen perkebunan kelapa sawit di masa mendatang. “Sehingga kesejahteraan petani akan meningkat dari nilai ekonomi yang berasal dari bertambahnya hasil panen tandan buah segar,” tandas dia. (T1)
 
Sumber : https://www.infosawit.com



Berita : Terkait