PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
Smoke
Foksbi Rumuskan Aksi Nasional Sawit

30 April 2018 - 07:42:32 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 370

Foksbi Rumuskan Aksi Nasional Sawit

29 April 2018 | by : Administrator
 
InfoSAWIT, NUSA DUA -  Konferensi internasional tentang kelapa sawit dan lingkungan atau International Conference on Oil Palm and the Environment (ICOPE) 2018 menekankan pentingnya pemberdayaan petani kecil (smallholders) kelapa sawit untuk mendukung keberlanjutan ke depan. Dalam panel diskusi “Smallholder: Reaching Sustainability” – berbagai narasumber dari UNDP Indonesia, Universitas Jambi, Sinar Mas Agribusiness and Food berbagi program upaya telah dilakukan stakeholders kelapa sawit meliputi penyusunan rencana aksi nasional (RAN), pemberdayaan smallholders dalam program pencegahan kebakaran hutan, serta program peremajaan kebun sawit.
 
National Platform Manager UNDP Indonesia, Rini Indrayanti menjelaskan bahwa pembangunan kapasitas petani kelapa sawit diperlukan untuk mendukung upaya keberlanjutan industri ini ke depan. UNDP dan Kementerian Pertanian telah membentuk Forum Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia (FoKSBI) untuk memastikan keberlanjutan dalam sektor kelapa sawit.
 
“FoKSBI telah merumuskan draft rencana aksi nasional (RAN) yang di dalamnya mencakup pembangunan kapasitas smallholders. RAN yang disusun oleh multisektor stakeholders industri kelapa sawit telah disusun bersama dan sedang menunggu surat persetujuan dari dewan pengarah untuk diadopsi dalam payung hukum yang jelas ,” kata Rini kepada wartawan Kamis (26/4/2018).
 
Rini menambahkan, “Penyusunan RAN dapat menjadi panduan yang dapat disesuaikan dengan sejumlah acuan dalam sustainable developments goals (SDGs). RAN juga bertujuan untuk mendukung upaya pemerintah untuk memenuhi 70% sertifikasi kelapa sawit pada 2020.”
 
Salah satu aksi utama dalam RAN adalah membuat database smallholders kelapa sawit di Indonesia, meningkatkan kesadaran smallholders dalam menjalankan regulasi, serta meningkatkan koordinasi antar lembaga pemerintah guna mendukung keberlanjutan industri kelapa sawit ke depan. (T2)
 
Sumber : https://www.infosawit.com
 



Berita : Terkait