PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
Smoke
Dikala Petani Membangun Ekonomi Sawit

07 Mei 2018 - 10:11:07 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 390

Dikala Petani Membangun Ekonomi Sawit

07 May 2018 | by : Administrator
 
InfoSAWIT, JAKARTA - Keberadaan petani kelapa sawit di Indonesia, merupakan kekuatan besar untuk membangun perkebunan kelapa sawit nasional. Keberadaan petani sebagai pemilik lahan perkebunan kelapa sawit lebih dari 40% merupakan potensi besar akan keberlanjutan perkebunan kelapa sawit sebagai penggerak ekonomi nasional.
 
Pertumbuhan perkebunan kelapa sawit yang banyak terdapat di daerah pelosok dan terpinggirkan, memberikan gambaran besar akan keberadaan perkebunan yang bertumbuh dari petani kelapa sawit. Kerja keras tiada henti yang dilakukan petani kelapa sawit, yang sejak lama sudah dilakukan, kini sudah menampakan hasil nyata.
 
Pasalnya, keberadaan perkebunan kelapa sawit nasional, memang sebagian besar bertumbuh dari hasil kerja keras petani kelapa sawit. Dimana, keberadaan lahan perkebunan kelapa sawit milik petani di Indonesia merupakan kekuatan terbesar kedua, sesudah perusahaan perkebunan kelapa sawit milik swasta.
 
Keberadaan perkebunan kelapa sawit milik petani sendiri, menjadi kekuatan besar, yang juga harus terus dikembangkan. Pengembangan perkebunan kelapa sawit, yang juga dirintis sejak awal pembangunan perkebunan kelapa sawit nasional, juga menyertakan keberadaan petani. Kendati sering dilupakan,tetapi petani kelapa sawit selalu bertumbuh setiap waktu.
 
Sejak awal pembangunan perkebunan kelapa sawit dilakukan melalui Perkebunan Inti Rakyat dengan pola Perkebunan Inti Rakyat Transmigrasi dan Perkebunan (PIR Trans & PIR Bun). Dimana, keberadaan petani sebagai pemilik perkebunan, selalu dilibatkan, dengan keberadaan perkebunan milik negara atau swasta, yang mendapatkan perizinan untuk membuka perkebunan di daerah pelosok.
 
Maka tak mengherankan, bila pertumbuhan berbagai komoditas perkebunan di Indonesia, sejak awal juga selalu mengalami pertumbuhan. Sebut saja, Karet, Kopi, Karet, Teh dan sebagainya. Keberadaan berbagai komoditas perkebunan di berbagai pelosok daerah tersebut, juga telah menjadi bagian dari pembangunan perkebunan di Indonesia. (T1)
 
Sumber : https://www.infosawit.com



Berita : Terkait