PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
Smoke
Menggantang Peluang Pengembangan Hilir Sawit

21 Mei 2018 - 07:49:23 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 325

Menggantang Peluang Pengembangan Hilir Sawit

20 May 2018 | by : Administrator

InfoSAWIT, JAKARTA - Tumbuhnya industri hulu atau perkebunan kelapa sawit di dunia termasuk Indonesia, telah memberikan peluang besar bagi terciptanya berbagai produk hilir sawit. Berbagai produk hilir sawit yang sudah dikenal luas masyarakat dunia, selalu memiliki keunggulan akan adanya produk aman, terbarukan dan ramah lingkungan.

Berbagai keunggulan yang dimiliki produk turunan minyak sawit, memang sudah tak terbantahkan lagi. Kendati pada awalnya, mendapatkan banyak penolakan dan larangan, namun berbagai produk turunan minyak sawit, kini semakin melaju tanpa kompetitor yang cukup berarti. Sebab, keberadaan berbagai produk hilir sawit tersebut, selalu ditopang akan keberadaan minyak sawit yang paling efisien.

Keberadaan minyak sawit yang dikenal sebagai minyak sawit mentah (CPO) dan minyak kernel mentah (CPKO), memang sudah cukup lama digemari, sebagai bahan baku produk turunan minyak nabati di dunia. Kendati, ada sebagian industri di negara maju, yang pada awalnya menggunakan minyak sawit sebagai bahan baku alternatif saja.

Tren pertumbuhan produksi minyak sawit yang melaju cukup kencang di dunia, dimana sebagian besar berasal dari Indonesia dan Malaysia, menjadi alasan kuat bagi industri turunan minyak nabati di dunia, untuk menggunakan minyak sawit sebagai bahan baku industri minyak nabatinya. Terlebih, keberadaan CPO dan CPKO menjadi satu bagian utuh dari minyak sawit yang memang dibutuhkan industri.

Keberadaan industri turunan minyak nabati di dunia, juga berlomba-lomba menggunakan minyak sawit untuk berbagai produk turunan yang dihasilkannya. Maka, tak mengherankan, bila kemudian, industri minyak nabati di negara-negara maju pun, beralih menggunakan minyak sawit sebagai bahan baku utamanya. (Kris Hadisoebroto – Pengamat Industri Hilir Sawit/Dewan redaksi InfoSAWIT)

Sumber : https://www.infosawit.com



Berita : Terkait