PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
Smoke
CPO

04 Juni 2018 - 08:29:14 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 60

Harga Minyak Sawit Mentah April 2018 Rata-rata US$ 662,2 per ton

04 June 2018 | by : Administrator

InfoSAWIT, JAKARTA – Perdagangan minyak sawit mentah (CPO) sepanjang April 2018 tercatat bergerak di kisaran US$ 640 – US$ 680 per ton, dengan harga rata-rata US$ 662,2 per ton. “Harga rata-rata April menurun US$ 14 dibandingkan harga rata-rata pada Maret lalu yang mencapai US$ 676,2 per ton,” kata Direktur Eksekutif Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), Danang Girindrawardana, dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT belum lama ini.

Lebih lanjut kata Danang, kecenderungan yang unik di bulan Maret dan April 2018 ini bisa dianalisa dengan adanya beberapa hambatan dagang terhadap minyak sawit, baik secara tarif barrier ataupun non tarif.

Fluktuasi harga dan permintaan adalah hal yang biasa dalam produk komoditasnamun tetap harus terdapat rangkaian program antisipasi, baik dari pemerintah maupun dari kalangan dunia usaha.

Diperlukan langkah negosiasi atau membuat strategi baru dalam mengurangi hambatan dagang yang diterapkan beberapa negara tujuan utama ekpsor minyak sawit Indonesia. “Selain itu pembukaan pasar-pasar baru tujuan ekspor juga sudah harus digalakkan dengan intensif. Sudah saatnya agar ada regulasi dalam negeri dibuat untuk meningkatkan daya saing minyak sawit Indonesia di pasar global dan ini perlu mendapatkan perhatian khusus,” tandas Danang. (T2)

Sumber : https://www.infosawit.com



Berita : Terkait