PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
Smoke
Derom Bangun

06 Juni 2018 - 10:28:36 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 148

Derom Bangun : Kualitas Sawit Jangan Dilupakan

06 June 2018 | by : Administrator

InfoSAWIT, JAKARTA – Dikatakan Ketua Umum Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI), Derom Bangun, kedepan ada dua tantangan kelapa sawit yakni ada yang bersifat diplomasi dan ada yang bersifar teknik atau terkait mutu kualitas produk sawit.

Namun Demikian Derom mengingatkan bawha selain masalah diplomasi yang akhir-akhir ini hangat diperbincangkan, juga jangan sampai melupakan kualitas pada industri makanan berbasis sawit.

Ancamaan tersebut mengenai standardisasi mutu yang akan ditetapkan CODEX, ada anggapan minyak sawit memiliki potensi karsinogenik  dan menyebabkan kanker, saat ini sedang di godok untuk penentuan batas Chlor yang diperbolehkan dalam kandungan minyak sawit. “Jika kebijakan ini ditetapkan maka dipastikan industri kelapa sawit dunia akan menghadapi tekanan,” katanya kepada InfoSAWIT, Selasa (5/5/2018) di Jakarta.

Sebab itu yang harus dilakukan ialah dengan menerapkan tata kelola yang baik dari perkebunan hingga refineri, langkah ini kata Derom, yang harus segera dilakukan guna menghadapi standardisasi tersebut. “Kontaminen ini terkait unsur chlor, kendati masih butuh penelitian mendalam supaya kandungannya tidak melewati batas yang ditetapkan,” katanya.

Terlebih saat ini dalam proses pengolahan buah sawit hingga menjadi minyak sawit kerap kali dilakukan dengan proses yang sangat cepat untuk efisiensi waktu, hanya saja cara demikian justru berpotensi merusak kualitas minyak sawit. Sebab batas suhu perebusan buah sawit untuk menghasikan minyak menurut standar sekitar 230 derajat celcius, namun untuk mempersingkat waktu rebusan maka tingkat derajat panasnya terkadang ditinggikan. “Inilah yang harus juga menjadi perhatian,” tandas Derom. (T2)   

Sumber : https://www.infosawit.com



Berita : Terkait