PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
Smoke
Crude Palm Oil

11 Juni 2018 - 09:39:59 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 31

Potensi Cocoa Butter (Lemak Coklat) dari Minyak Sawit

11 June 2018  | by : Administrator

InfoSAWIT, JAKARTA -Penggunaan lemak cokelat (cocoa butter) ini memiliki keterbatasan, diantaranya, suplai bahan baku biji kakao yang tidak stabil, kualitasnya yang bervariasi, serta harganya yang relatif mahal dibandingkan minyak dan lemak nabati lainnya. Karena itu pengembangan produk pengganti lemak cokelat ini dinilai menjadi salah satu pengembangan produk yang prosfektif.

Lipid merupakan sub-kelompok lemak yang disebut trigliserida. Lipid mencakup molekul, seperti, asam lemak dan turunannya (tri, di, monogliserida dan fosfolipid), serta metabolit lainnya yang mengandung sterol. Specialty fats merupakan suatu jenis asam lemak yang memiliki sifat fungsional khusus, dan merupakan suatu lipida terstruktur, yaitu, suatu triasilgliserol atau trigliserida yang dimodifikasi dari komposisi alaminya sehingga mengandung campuran asam lemak tertentu yang terikat posisi tertentu di dalam struktur gliserol.

Definisi ini akan mencakup minyak dan lemak hasil proses refining, fraksinasi, asidolisis, esterifikasi/interesterifikasi maupun pencampuran dengan cara menggabungkan asam lemak tertentu/spesifik. Proses fraksinasi minyak memisahkan fraksi padat dan cair dengan menggunakan proses fraksinasi kering (dry fractionation), fraksinasi deterjen (wet fractionation), maupun fraksinasi yang menggunakan pelarut (solvent fractionation). Interesterifikasimerupakan proses untuk pengaturan dan penyusunan kembali posisi dan distribusi asam-asam lemak pada kerangka gliserol, sehingga menghasilkan lemak trigliserida (triacylglycerol) dengan titik leleh tertentu.  Proses meningkatkan stabilitas okisidatif titik leleh dilakukan melalui hidrogenasi atau penjenuhan.

Berbagai produk yang dihasilkan dari pengembangan lipida terstruktur ini telah berkembang sangat luas – bukan hanya kearah penggunaan fungsional saja, melainkan juga sudah merambah untuk produk-produk yang dinilai sangat baik untuk kesehatan.

Specialty fats memiliki aplikasi penggunaan yang luas karena sifat fungsionalitas dan nilai ekonominya yang tinggi sehingga produk ini banyak digunakan diberbagai produk olahan yang banyak digunakan, seperti, pemanfaatannya sebagai produk pengganti lemak cokelat alternatif. Lemak cokelat (cocoa butter) alternatif dibedakan menjadi 3, yaitu, (i) Cocoa butter equivalent, (ii) cocoa butter substitute dan (iii) Cocoa butter extender. Tetapi varian produk pengganti cocoa butter tersebut tidak hanya terbatas pada tiga jenis tersebut, seperti cocoa butter replacer. (Achmad Sofian Nasori /Pusat Teknologi Agroindustri-BPPT)

Sumber : https://www.infosawit.com