PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
Smoke
Cangkang Kelapa Sawit

13 Juni 2018 - 11:36:07 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 192

Industri Cangkang Sawit Diprediksi Stagnan

12 June 2018 | by : Administrator

InfoSAWIT, JAKARTA - Perkebunan kelapa sawit memiliki banyak keunggulan akan berbagai produk berbasis tanaman. Selain minyak sawit mentah (CPO), perkebunan sawit juga bisa menghasilkan produk bio energi dan bio massa.  Produk yang dihasilkan memiliki keunggulan utama sebagai produk terbarukan dan ramah lingkungan.

Produk utama hasil perkebunan kelapa sawit, yaitu, CPO memang sudah menjadi primadona perdagangan minyak nabati global. CPO seringkali identik dengan perkebunan kelapa sawit dan selalu dibarengi dengan produksi minyak mentah kernel oil (CPKO) yang juga sudah menjadi produk unggulan di pasar global.

Seiring keberhasilan produk CPO dan CPKO sebagai andalan komoditas nabati di pasar global, keberlanjutan produk CPO juga bisa diturunkan menjadi produk bio energi, yaitu, biodiesel. Produk biodiesel, pada awalnya, sudah mulai dikenal sebagai produk bahan bakar alternatif yang mampu mensubstitusi bahan bakar minyak berbasis minyak bumi mentah (crude oil).

Kendati sudah sejak lama dihasilkan oleh industri turunan CPO, namun produk biodiesel baru populer sekitar tahun 2006, ketika produk crude oil memiliki harga jual yang kian memuncak. Melalui produk biodiesel ini, harga jual crude oil mulai tertekan karena bila harga jualnya (crude oil) terus naik,  biodiesel akan dipilih sebagai subtitusi bahan bakar alternatifnya.

Pola produk biodiesel dari CPO ini hampir senada dengan pola perdagangan dari CPO dan CPKO sendiri karena berbagai produk utama sawit ini juga banyak digunakan sebagai bahan baku alternatif dari berbagai industri turunan minyak nabati di dunia. Dahulu CPO dan CPKO selalu menjadi bahan baku alternatif bagi industri turunan minyak nabati lainnya, yang sudah terlebih dahulu berkembang, seperti, minyak soybean, sun flower, rapeseed, dan sebagainya.

Memang CPO dan CPKO sendiri selalu menarik untuk diperdagangkan sebagai komoditas nabati global di pasar dunia. Bagaimana dengan produk biomassa yang berasal dari perkebunan kelapa sawit?

Kendati belum terlalu populer di perdagangan global, namun berbagai produk biomassa yang dihasilkan perkebunan kelapa sawit sudah dikenal masyarakat luas. Produk biomassa juga bisa digunakan sebagai produk alternatif bahan baku industri turunannya, seperti, cangkang sawit yang sejak dua tahun lalu sudah memiliki permintaan dari pasar dunia.

Permintaan pasar global akan cangkang sawit juga sangat pesat, terutama dari negara Jepang. Cangkang sawit banyak digunakan sebagai bahan baku industri bio energi yang mampu menghasilkan tenaga listrik terbarukan. Wajar, bila kemudian, permintaan akan produk cangkang sawit terus mengalami permintaan pasar global. (Kris Hadisoebroto/Pengamat Industri Hilir/Dewan Redaksi InfoSAWIT)

Sumber : https://www.infosawit.com



Berita : Terkait