PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
Smoke
Petani Kelapa Sawit

25 Juni 2018 - 14:48:57 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 24

Harga Sawit di Paser Anjlok Rp 850/Kg, Pemkab Diharap Turun Tangan

25 June 2018  | by : Administrator

InfoSAWIT, TANA PASER – Disaat musim panen raya, harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit justru melorot, kondisi ini  membuat para petani kelapa sawit di Tana Peser kecewa, sebab turunnya harga TBS, hampir bersamaan dengan berakhirnya tahun ajaran baru bagi anak sekolah.

Salah sawtu petani, Abdullah (34) mengungkapkan, tidak stabilnya harga buah sawit, selalu dirasakan masyarakat di daerah kabupaten Paser setiap tahunnya. Penurunan ini telah terjadi sejak dua pekan terakhir. Padahal tiga bulan sebelumnya, harganya cukup menggembirakan. Dimana harga sawit masih berkisar Rp Rp 1.500 per kilogram.

Padahal, idealnya harga sawit mencapai Rp2.000/kg ditingkat petani agar perawatan perkebunan sawit bisa maksimal dan pendapatan petani dapat seimbang. Jika harga di bawah Rp2.000 apalagi dibawah Rp 1000/kg, justru petani belum bisa melakukan perawatan yang cukup termasuk pemberian pupuk terhadap tanaman sawit.

“kondisi ini membuat sawit yang merupakan mata pencaharian petani sudah tidak berharga lagi, saat ini untuk makan dan kebutuhan sehari-hari saja sudah susah. Harga sawit murah, sementara harga sembako dan bahan makanan terus naik, ditambah biaya pendidikan juga mahal. Lengkaplah penderitaan kami,” ujarnya.

Secara terpisah Divisi Advokasi Serikat Petani Kelapa Sawit  (SPKS) Kanisius Teteng menegaskan, Pemkab Paser harus turun tangan untuk menertibkan pabrik Pengolah Kelapa Sawit (PKS) yang tidak mematuhi ketetapan harga yang sudah ditetapkan oleh Dinas Perkebunan Provinsi Kaltim. Karena berdasarkan pantauan rata-rata pabrik pengolah Kelapa Sawit membeli TBS petani dibawah harga yang telah ditetapkan.

“Dalam waktu dekat kami (SPKS) akan melayangkan surat secara resmi ke Bupati Paser, terkait harga TBS yang anjlok ini, dan kami akan memberikan deadline untuk pemkab agar segera bersikap, jika tidak disikapi, kami akan menggelar aksi turun kejalan untuk menyuarakan aspirasi kami,”ujar Kanisius kepada media, belum lama ini.

Sementara merujuk hasil rapat penetapan harga periode Mei lalu telah ditetapkan harga buah sawit sesuai usia tanaman, dimana untuk sawit usia 3 tahun  Rp 1.399 per kilogram, sawit 4 tahun Rp 1.409 per kilogram, sawit umur 5 tahun Rp 1.512,27 per kilogram. Lantas sawit umur 6 tahun Rp 1.528,33 per kilogram, sawit umur 7 tahun Rp 1.537,42 per kilogram, sawit umur 8 tahun Rp 1.549,07 per kilogram, dan sawit umur 9 tahun Rp 1.580,95 per kilogram.

Dimana  harga minyak sawit mentah (Crude Palm Oil / CPO) ditetapkan Rp 7.732,25/Kg, dan harga inti sawit (kernel) Rp 5.066,90/Kg, dengan indeks K sekitar 82,29%. (T2)

Sumber : https://www.infosawit.com



Berita : Terkait