PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
  • MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PETANI KELAPA SAWIT

  • Presiden Jokowi Kunjungi ASAFF 2018

  • Cargill Kampiun Sawit Global Sustainability


29 Juni 2018 - 07:55:14 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 70

MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PETANI KELAPA SAWIT

28 June 2018 | by : Atep Yulianto Irawan

Produksi minyak sawit mentah (CPO) asal Indonesia, yang sebagian besar berasal dari perkebunan kelapa sawit milik petani, membutuhkan dukungan dari banyak pihak. Pemerintah, perusahaan dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) telah sepakat membantu praktik budidaya petani untuk menghasilkan produktivitas yang tinggi.

Topik keberpihakan banyak pihak kepada petani kelapa sawit Indonesia dibahas dalam penyelenggaraan International Conference On Palm Oil and The Environment (ICOPE) 2018 yang baru-baru ini diselenggarakan di Nusa Dua, Bali. Konferensi ini dihadiri lebih dari 400 peserta yang berasal dari 30 negara yang terlibat aktif berdiskusi tentang dunia kelapa sawit, termasuk Indonesia.

Dalam pembukaan konferensi ICOPE 2018 ini, Menko Perekonomian, Darmin Nasution, mengungkapkan bahwa pemerintah mendukung  industri kelapa sawit yang selalu berbenah untuk menghasilkan produksi minyak kelapa sawit lestari. Pemerintah memiliki kewajiban mendorong sertifikasi Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO) sebagai landasan produksi minyak kelapa sawit Indonesia yang peduli terhadap sosial, lingkungan dan keuntungan bagi dunia usaha.

Oleh karena itu, menurut Darmin, keberpihakan pemerintah harus didukung semua pihakuntuk bersama-sama melakukan pembangunan perkebunan kelapa sawit yang bertanggung jawab dan ramah lingkungan. Melalui produksi minyak sawit lestari berlandaskan ISPO, diharapkan menjadi jawaban bagi pihak-pihak yang masih meragukan keberadaan minyak kelapa sawit Indonesia.

“Pemerintah mendukung berbagai upaya pembangunan perkebunan kelapa sawit lestari yang mampu mengelola perkebunan kelapa sawit secara betanggung jawab dan ramah lingkungan, supaya produktivitas petani juga meningkat,”ujar Menko Perekonomian kepada InfoSAWIT. Lebih lanjut,”Kebun kelapa sawit petani juga harus didukung semua pihak supaya hidupnya lebih sejahtera”.
 
Meningkatkan Produktivitas Petani

Sebagai produsen CPO terbesar di dunia, perkebunan kelapa sawit Indonesia, sebesar 40% lebih, merupakan milik petani kelapa sawit. Oleh karena itu pemerintah mendorong banyak pihak yang berkepentingan, untuk bekerjasama membantu pembangunan kebun kelapa sawit milik petani agar mendapatkan hasil panen yang tinggi.

Sumber : https://www.infosawit.com



Berita : Terkait