PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
Smoke
Kebun kelapa sawit

13 Juli 2018 - 07:58:34 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 152

Menimbang Investasi di Perkebunan Kelapa Sawit

12 July 2018 | by : Administrator

InfoSAWIT, JAKARTA - Komoditas CPO dan produk turunannya yang bertumbuh pesat di medio 1990an hingga 2000an, memang turut menumbuhkan komoditas sebagai alternatif investasi, yang menarik di dunia termasuk Indonesia. Sejak tahun 2008 hingga dewasa ini, komoditas CPO dan produk turunannya, telah menjadi alternatif investasi yang banyak dilirik investor dalam dan luar negeri.

Gelombang investasi yang cukup besar, memang terjadi di perkebunan kelapa sawit nasional. Dimana, pemerintah menjadi pemicu utama atas arus gelombang investasi perkebunan kelapa sawit. Bila tidak dikelola dengan baik, gelombang investasi perkebunan kelapa sawit bisa juga berakibat kurang menguntungkan, bahkan berpotensi restrukturisasi.

Sebab itu, investasi perkebunan kelapa sawit nasional yang telah dilakukan, bisa diperhitungkan melalui beberapa indikator, supaya bila terjadi kemacetan finansial, bisa segera dicarikan jalan keluarnya. Lantaran, pelaku usaha perkebunan atau investor, seringkali juga kurang berpengalaman dan tidak memiliki dukungan financial yang cukup.

Investasi perkebunan juga bisa diperhitungkan melalui pokok tanaman kelapa sawit di lahannya. Dimana, keberadaan cukup banyak penanaman pokok pohon kelapa sawit, dilakukan pada lahan-lahan marjinal, termasuk lahan pasang surut, maupun areal lahan lainnya, dengan beberapa faktor pembatas yang ekstrim.

Asumsi perhitungan keuangan saat investasi, juga menjadi dasar pertimbangan investasi sawit yang dilakukan. Lantaran, asumsi perhitungan keuangan seringkali dibuat, berdasarkan harga jual CPO yang sangat tinggi. Padahal, asumsi yang dibuat, juga harus memperhitungkan berbagai aspek, terutama berdasar teori harga jual dasar, dimana harga komoditas CPO dan produk turunannya, akan bergerak menuju ke suatu keseimbangan baru.

Biasanya, investasi perkebunan kelapa sawit di suatu daerah, akan memiliki multi efek pembangunan, yang mengembangkan kemampuan ekonomi masyarakatnya, sehingga menumbuhkan perekonomian didaerahnya. Namun proses pembangunan ekonomi tersebut, bisa pula berakibat kepada kegagalan perusahaan, dalam menjalani proses belajar membangun perkebunan kelapa sawit. (Direktur Utama PT Pegadaian Persero/Soenarso)

Sumber : https://www.infosawit.com