PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
Smoke
Foto Dok. PTPN VI

18 Juli 2018 - 07:11:32 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 119

Daya Serap Pasar, Kunci Penerapan Biodiesel 30%

17 July 2018

PRODUKSI kelapa sawit nasional dinilai mencukupi untuk pengembangan bahan bakar nabati (BBN) dengan kandungan minyak sawit 30% atau B30 untuk biodiesel.  Namun persoalan yang lebih penting bukan pada ketersediaan bahan baku, melainkan pada daya serap pasar.

“Kuncinya bukan di bahan baku, tapi di serapan pasar nantinya,” kata Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki)  Joko Supriyono sebagaimana dikutip Kontan.co.id (10/7/2018).

Joko menyampaikan hal tersebut menanggapi permintaan Presiden Joko Widodo untuk mempercepat penerapan mandatori biodiesel 30%.  Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi) juga mendukung rencana tersebut.

“Kami mendukung arahan Presiden dan Menperin untuk lebih menggunakan Biodiesel guna mengurangi impor bahan bakar juga penghematan devisa kita,” kata Ketua Harian Aprobi Paulus Tjakrawan kepada Antara.

Aprobi memperkirakan serapan biodiesel dalam negeri mencapai 3,5 juta kiloliter (kl). Dari jumlah tersebut, sebanyak 2,8 juta kl hingga 3 juta kl digunakan untuk untuk Public Service Obligation (PSO) dan 500.000 kl lainnya diserap untuk kebutuhan non-PSO. Penerapan mandatori B30 diyakini akan meningkatkan konsumsi biodiesel hingga 500.000 ton per tahun. Tahun ini Aprobi menargetkan produksi biodiesel mencapai 3,5 juta kiloliter. ***

Sumber : http://www.bpdp.or.id/id/energi



Berita : Terkait