PT. Perkebunan Nusantara XIII As a Knowledge-Based Agribusiness Company
Bahasa : en / id
Smoke
Sawit Bantu Kehidupan Masyarakat

05 September 2018 - 09:15:17 | Unit Kerja : Kantor Direksi | by : uud | views : 55

Sawit Bantu Kehidupan Masyarakat

04 September 2018 | by : Administrator

InfoSAWIT, JAKARTA - Kendati banyak isu-isu negatif yang terus menghadang pertumbuhan perkebunan kelapa sawit, namun geliat usaha perkebunan kelapa sawit tak pernah kendur sedikitpun. Lantaran, sebagai negara agraris, Indonesia memiliki banyak rakyat yang hidup sebagai petani dan berada di berbagai pelosok tanah air. Sebab itulah, keberadaan petani juga menjadi soko guru perekonomian nasional.

Berbekal profesi sebagai petani sawit itulah, sebagian besar rakyat Indonesia turut berjuang dalam pembangunan nasional. Terutama dalam menghasilkan pendapatan devisa bagi negara, lantaran minyak sawit telah menjadi andalan produk ekspor nasional ke berbagai negara di seluruh dunia. Terlebih keberadaan sentra-sentra perkebunan kelapa sawit, sebagian besar berada di daerah pelosok dan terpencil.

Sebab itu, membangun perkebunan kelapa sawit nasional, sejatinya selaras dengan kepentingan pembangunan nasional. Dimana, pembangunan nasional secara perlahan namun pasti, berangkat dari wilayah pelosok dan terpencil. Sebab, hanya melalui pembangunan daerah pelosok dan terpencil, bangsa Indonesia akan segera menjadi negara maju dan sejahtera.

Pentingnya membangun daerah pelosok dan terpencil, juga selaras dengan pembangunan sumber daya manusia, yang turut mendukung pembangunan nasional. Seperti pemberdayaan rakyat sebagai petani kelapa sawit nasional. Dimana, program pemberdayaan rakyat Indonesia sebagai petani sudah mulai dilakukan sejak tahun 1980an.

Melalui berbagai program Petani Inti Rakyat (PIR), berbagai sumber daya manusia Indonesia, telah berhasil dikerahkan keberbagai pelosok tanah air, sehingga menjadi bagian dari kemajuan nasional. Sebab itu, melalui program kemitraan petani dengan perusahaan perkebunan, kemajuan perkebunan kelapa sawit mampu menyejahteraan puluhan juta rakyat Indonesia.

Jadi, bicara pembangunan perkebunan kelapa sawit, memang tidak bisa terlepas dari peranan besar rakyat Indonesia sebagai petani kelapa sawit. Namun, juga berkat kegigihan dan perjuangan pemerintah pusat dan daerah, termasuk para pengusaha. Sebab itu, janganlah kemajuan yang sudah diraih, menjadi “klaim” sebagian pihak yang hanya ingin meraup keuntungan sepihak saja. (T1)

Sumber : https://www.infosawit.com



Berita : Terkait